Kementerian PANRB Evaluasi Pengelolaan Layanan Pengaduan


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id. -Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Deputi Bidang Pelayanan Publik melaksanakan evaluasi pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) Pemerintah Daerah. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Sangkaraeng Kantor Gubernur Prov. Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (27/10/2022) dan dikuti oleh pengelola SP4N-LAPOR !(Admin instansi) Kabupaten/Kota lingkup Provinsi NTB sebagai peserta dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik sesuai amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Hadir mewakili Deputi Pelayanan Publik, Drs. Yanuar Ahmad, MPA selaku Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB didampingi Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Prov. NTB serta Asisten I Prov. NTB, menyampaikan hasil evaluasi pengelolaan pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR! oleh pemerintah daerah tahun 2021.

"Presentase penyelesaian pengaduan di lingkungan Pemerintah Daerah sekitar 73,84%, sedangkan target penyelesaian pengaduan sesuai RPJMN tahun 2020-2024 sebesar 90%, " papar Yanuar.


Lanjutnya, sasaran strategis dari SP4N-LAPOR! adalah penguatan simpul pengelolaan pengaduan (Hub). Disamping itu kolaborasi dan koordinasi lintas sektor baik dalam penentuan arah kebijakan, evaluasi, pemantauan serta pengawasan menjadi issue strategis dalam manajemen pengelolaan termasuk didalamnya peningkatan partisipasi publik.(***)

Load disqus comments

0 comments