Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima dan Majelis Adat Sara' Dana Mbojo, Gelar Lomba Gantau.


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima dan Majelis Adat Sara' Dana Mbojo gelar Lomba Gantao dan Eksebisi dalam rangka acara Khitanan Muhammad Putra Pratama, Muhammad Athala Zulkarnain dan Muhammad Naufal Haydar Putra Mahkota Kerajaan Bima. Rabu, (28/09/22).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Bima Hj. Dinda Damayanti Putri SE, Sekda Kabupaten Bima Drs. H. Taufik HAK M.Si, Kadis Dikbudpora Zunaidin, S.sos. MM, Kepala Dinsos Tajuddin SH., MH dan seluruh OPD Lingkup Kabupaten Bima.

Mpa' a Gantao adalah salah satu tarian yang tumbuh sejak Zaman Kesultanan Bima, tepatnya pada massa Pemerintahan Sultanan Abdul Kahair Sirajuddin tahun (1648-1685).


Mpa' a Gantao dimainkan oleh dua orang penari, dengan diiringi oleh alat musik berupa dua buah Gendang, Tawa-tawa, Gong, serta alunan irama Sarone.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima dan Majelis Adat Sara' Dana Mbojo Kabupaten Bima ini, diikuti oleh 30 peserta Se-Kabupaten/Kota Bima.

Kadis Dikpora Kabupaten Bima Zunaidin, S.sos, MM, saat membacakan ketentuan perlombaan menjelaskan, bahwa dari 30 peserta yang berpartisipasi dalam perlombaan, 25 adalah Gantau, yang tergabung di Kecamatan Se-Kabupaten/Kota Bima. Ungkapnya.

Lanjutnya", didalam perlombaan ini semua peserta Lomba Gantau mendapatkan alokasi waktu yang sama, dengan kriteria penilaian pertama Wirasa, kedua Wiraga, maka saya berharap seluruh Tim utusan Kecamatan, mari bersungguh-sungguh karena, Kepala Dinas Dikbudpora dan jajarannya sudah menyediakan hadiah untuk para juara.

Dan yakin saja, tempat ini sudah representatif, saya sudah memulainya dengan salah satu Kepala Bidang saya, sudah melaksanakan satu ronde pertandingan, guyonannya.

Oleh karena itu tidak perlu takut, dan bagi para Tim utusan Kecamatan, silahkan berlaga dengan sebaik-baiknya, dan durasi waktu peserta lomba kita akan atur sesuai alokasi waktu, artinya kami akan atur sesuai situasi dan kondisi.


Terakhir, kegiatan ini, disamping ada rangkaian kegiatan Tradisi dan Budaya, ini juga bertepatan dengan kegiatan kerajaan, oleh karena itu, tidak salah kami ambil bagian dalam kegiatan ini. Tutupnya. 

Selanjutnya kegiatan Lomba Gantau dan Eksebisi dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima Zunaidin, S.sos.MM.

Pada penampilan peserta pertama Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima dibuat terpesona dengan penampilan Tim Gantau Cilik dari Kecamatan Bolo, selain tubuhnya bergoyang karena irama gendang, iapun memberikan saweran kepada pasangan Gantau Cilik. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar