Diduga Korsleting Listrik,11 Rumah Di Monta Baru Kec.Lambu Terbakar


Lambu Bima NTB.Media Dinamika Global.id sekitar pukul 07:45 Wita Peristiwa Kebakaran terjadi di RT.08/RW.03 Dusun Panggu Desa Monta Baru Kecamatan Lambu Kabupaten Bima NTB,Jum,at (23/9/2022)

Sebanyak 5 Rumah warga yang ada di Dusun Panggu Desa Monta Baru ludes terbakar rata dengan tanah dilahap oleh si jago merah, sementara 6 rumah lainnya yang berdekatan dengan titik api juga ikut terbakar walaupun cepat dipadampkan oleh warga dengan cara sengaja dirusak untuk mengantisipasi api tidak cepat menjalar ke rumah rumah warga yang lain.


Keterangan yang dihimpun oleh awak media bahwa kebakaran tersebut diduga akibat adanya korsleting listrik di Salah satu rumah warga yang saat terjadinya kebakaran dalam keadaaan kosong.

Akibat adanya peristiwa naas tersebut total sebanyak 11 Unit Rumah bersamaan dengan Barang barang berharga seperti Ijasah beserta surat surat lainnya,Bibit Bawang merah,dan juga satu unit Sepeda Motor milik Bapak Yasin juga ikut ludes terbakar.

Nampak terlihat dilokasi kebakaran sekaligus ikut mengarahkan dan membantu warga bersama sama memadamkan titik dan kobaran Api agar tidak cepat menjalar di rumah warga yang lain antara lain:Kepala Desa Monta Baru (Didin Afriansyah.S.Sos) di Dampingi Staf,Camat Lambu (Drs.M.Sidik), Anggota DPRD Kab.Bima (Syahbuddin.SE),  Danramil Sape (Lettu Iwan Susanto.SH) Bersama Anggota Koramil 1608-03/Sape,Polsek Lambu,TNI Danpos Lambu (Pelda Abdullah),Anggota Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor Sape, Bhabinkamtibmas bersama Babinsa Monta Baru dan Juga Anggota Satpol PP-Sape.



Pantauan awak media selang beberapa menit Kemudian 2 Unit Mobil Pemadam Kebakaran tiba di lokasi yaitu Mobil Damkar dari Pemerintah Kecamatan Sape yang dibantu juga Mobil Tanki Air dari Brimob Kompi 3 Yon C Pelopor Sape sehingga Api berhasil di padamkan.

Berdasarkan keterangan dari Bhabinkamtibmas  Desa Monta Baru (Aipda Irwan) bersama Staf Desa Monta Baru Kasi Pelaporan (Age) adapun 11 Rumah yang menjadi korban kebakaran yaitu:

1. Yasin Ama Juga kondisi Rumah telah rata dengan tanah

2. Umra Ama Sinta juga rata dengan tanah

3. Salma Ina Jaleha kondisi rata dengan tanah

4. Drahi Ama Nofal rata dengan tanah dan

5. Halik Ama Bila juga kondisi telah rata dengan tanah.

Sedangkan 6 rumah lainnya juga ikut dilahap sijago merah akan tetapi cepat dipadamkan dan ditolong oleh warga dan Mobil Damkar adalah 

1. Hendra 

2. H.Mansyur

3. Syarifuddin

4. Aeni Ina Arahan

5. Sulti Ina Fauza

6. Baya Ina Faris.


Kepala Desa Monta Baru yang pada bulan kemarin baru saja dilantik akan berupaya melalui Dana Desa dan Bantuan bantuan lainnya untuk membantu pembangunan rumah kembali warganya atau bantuan tempat tinggal sementara.

Dan Alhamdulillah peristiwa kebakaran hari ini tidak menimbulkan korban jiwa dan untuk kerugian warga Rumah bersama dengan Aset berharga dan lain sebagainya di taksir Rp.1 Miliar lebih..jelas Kades...

Kades juga menghimbau kepada warga agar nantinya terus berhati-hati dalam menggunakan listrik dan kompor gas dan jaringan listrik di dalam rumah,karena dapat membahayakan kita semua.tutur kades.

Nampak terlihat Anggota Brimob Kompi 3 Yon C Pelopor Sape dan Anggota Koramil 1608-03/Sape bersama-sama dengan masyarakat masih terus berupaya untuk memadamkan puing dan sisa sisa muncul nya titik Api.

Bhabinkamtibmas Saat Menenangkan Hati Ibu - ibu Korban Kebakaran Rumah

Sementara itu nampak terlihat korban kebakaran rumah yang saat ini sedang merasa sedih dan histeris akibat rumah tempat tinggal mereka terbakar terus didampingi dan ditenangkan hatinya oleh Bhabinkamtibmas Desa Monta baru yang dikenal dekat dengan warga binaannya (Aipda Irwan). (Arf Sp/MDG.04)

Load disqus comments

0 comments