Dandim 1608/Bima Bersama Kapolres Bima Laksanakan Apel Gabungan Untuk Beri Rasa Aman Pada Masyarakat Monta Selatan


Bima-NTB. Media Dinamika Global.Id. Pada hari kamis tanggal 12 Mei 2022 pukul 11.20 Wita bertempat di Mako Polsek Monta Jln Lintas Tente-parado Desa Tangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Kamis, (12/05/22).

Telah berlangsung kegiatan apel gabungan personil TNI dan POLRI dalam rangka kesiapan patroli gabungan untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat monta selatan paska aksi unjuk rasa dan pemblokiran jalan oleh Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Monta selatan menggugat (AMANAT) di pertigaan cabang waro selama tiga hari berturut, yang dipimpin langsung oleh Dandim 1608/Bima dan Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko S.IK, dengan jumlah personil sekitar 130 orang.

Adapun yang hadir. Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Muhammad Zia Ulhaq, S.Sos. Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko SIK, Kabag OPS Polres Bima Kompol Herman, Danramil Woha Kapten Inf. Ibrahim, Danramil Monta diwakili Pelda Abdul salam, Kapolsek Monta AKP Takim, dan Kasat Intel Polres Bima AKP Syafruddin.

Adapun keterlibatan personil, 1Pelton dari Kodim 1608/Bima, 2 Pelton dari Dalmas Polres Bima, 1 Pelton dari Polsek Monta.

Rangkaian kegiatan Pukul 11.30 Wita Apel dimulai yang diawali dengan penyampaian Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko SIK yang intinya. Tujuan utama yang kita lakukan hari ini melaksanakan apel pengecekan bersama dalam rangka kesiapan patroli gabungan untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat monta selatan paska aksi unjuk rasa dan pemblokiran jalan di pertigaan cabang Desa waro selama tiga hari berturut turut.

Sekarang kita melaksanakan apel gabungan hari ini bersama Dandim 1608/Bima bertujuan untuk bersama-sama melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa lebih khusus di bagian wilayah monta selatan," Kapolres Bima.

Kemudian penyampaian Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Muhammad zia Ulhaq, S.Sos yang intinya. Kegiatan apel pada siang ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat pengguna jalan di bagian monta selatan. 

"Tujuan kita melaksanakan apel pada siang ini karna kita sebagai TNI POLRI adalah ujung tombak dan garda terdepan Negara untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat," Ungkap Dandim Bima.

3. Pukul 11.45 Wita kegiatan apel pengecekan selesai berjalan aman dan lancar.

4. Pukul 12.00 Wita perwakilan 7 kepala desa di Monta selatan melakukan rapat dengan Kapolres dan Dandim di Mako Polsek Monta.

5. Pukul 12.10 penyampaian perwakilan kepala Desa yang intinya sbb :

a. Seluruh kepala desa yang mewakili yang hadir dalam rapat tersebut meminta kepada Kapolres dan Dandim agar membuka jalan yang di blokir dengan secara paksa,mengigat masyarakat penguna jalan raya sudah sangat resah dengan adanya Pemblokiran jalan di Cabang desa waro.

b. Meminta kepada bapak Kapolres dan Dandim agar secepatnya membuka jalan yang di blokir,karena sudah ada informasi dari desa desa lain yang menggunakan jalan raya tersebut ingin menyerang desa waro,mengigat karna sudah sangat menggangu aktifitas sehari hari dalam melakukan perjalanan.

6. Pukul 12.15 Wita Tanggapan Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko S.IK yang intinya sbb :

a. Dengan permintaan dari bapak bapak keterwakilan kepala desa Monta selatan,kami akan melakukan pembukaan jalan dengan secara paksa bersama aparat gabungan dari TNI dan polri atas permintaan dari bapak bapak yang mewakili masyarakat Monta selatan.

b. Kami akan melakukan himbauan terlebih dahulu kepada massa aksi agar menghentikan aksi dan membuka blokir jalan.

c. Apabila himbauan kami tidak di indahkan maka kami akan mengambil sikap dan tindakan tegas pembubaran secara paksa.

4. Pukul 13.00 Wita Personil gabungan di pimpin oleh kapolres dan Dandim menuju langsung Di tempat pemblokiran jalan di Cabang Desa waro.

5. Pukul 13.40 Wita patroli gabungan tiba di tempat pemblokiran menghimbau kepada masa aksi agar membubarkan diri, tetapi tidak mau membubarkan diri sehingga kabag OPS Polres Bima Kompol Herman memerintahkan kepada pasukan membubarkan massa aksi dengan menggunakan gas air mata dan menyemprotkan air dengan menggunakan 1 yunit mobil water Canon.


6. Pukul 14.00 Wita massa aksi di amankan sekitar 10 orang langsung di bawa ke polres kabupaten menggunakan 1 yunit mobil patroli polres kabupaten antara lain sbb :

1. Arhap 20 thun laki-laki Rt 01 Rw 01 Dusun Nggaro Desa Tolo uwi Kec Monta Kab Bima

2. Fadil pratama 19 thn laki-laki Rt 01 Rw 01 Dusun nggaro Desa Tolo Uwi Kec Monta kab Bima 

3.Saldin 25 thn laki-laki Rt 05 Rw 02 Dusun Tangga Baru Desa tangga Baru Kec Monta Kab Bima 

4.Sukrin 21 thn Laki- Laki Rt 08 Rw 04 Dusun Sori mbani Desa Sondo Kec. Monta Kab. Bima 

5.Arifin 21 thn Laki-laki Rt 07 Rw 03 Dusun oi lanco Desa Tolo Uwi Kec .Monta Kab Bima 

6.Abil Alif Muslim alias Danar 22 thn laki- laki Rt 03 Rw 03 Dusun uma keka Desa Nonto Tera Kec Monta Kab .Bima 

7.Muhafit 23 thn laki- laki Rt 02 Rw 01 Dusun nteli Desa sondo Kec. Monta Kab Bima 

8.Akbar 21 thn laki- laki Rt 08 Rw 04 Dusun Sori Mbani Desa Sondo Kec Monta Kab Bima 

9. Masrul 25 thn laki-laki Rt 03 Rw 02 Dusun barat Desa Waro Kec Monta Kab Bima 

10.Ofan Setiawan 20thn laki- laki Rt 01 Rw 01 Dusun Waro Desa Tolo Uwi Kec Monta Kab Bima

7. Pukul 14.30 Wita seluruh pasukan yang terlibat patroli gabungan menyisir sepanjang jalan di desa waro agar yang tidak berkepentingan membubarkan diri.

8. Pukul 16.00 Wita seluruh pasukan yang terlibat patroli gabungan kembali ke Mako Polsek Monta.

9. Pukul 16.35 Wita seluruh pasukan yang terlibat patroli gabungan tiba di Mako Polsek Monta.

10. Pukul 16.40 Wita Apel pengecekan dan mengevaluasi kegiatan, dan adapun penyampaian Dandim 1608/Bima dan Kapolres Bima kabupaten.

Pukul 16.42 wita penyampaian Dandim 1608/Bima yang intinya sebagai berikut.

Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan pada hari ini.

"Dengan kehadiran kita di tengah-tengah permasalahan yang terjadi di wilayah Monta selatan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat itu tugas yang utama," paparnya Dandim Bima.

Selanjutnya pada Pukul 16.45 Wita penyampaian Kapolres Bima kabupaten yang intinya.


Saya Mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil yang terlibat dalam kegiatan hari ini.

"Saya mengapresiasi kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan hari ini melakukan tugas dengan maksimal," Ucap Kapolres Bima.

Pukul 17.00 Wita seluruh rangkaian kegiatan selesai dengan aman tertib dan lancar.

Salah satu warga desa waro kecamatan Monta menyampaikan. Dengan adanya tindakan pembubaran secara paksa yang di lakukan oleh TNI dan polri, masyarakat mengucapkan terimakasih dan merasa puas dan nyaman sehingga aktifitas masyarakat bisa berjalan dengan lancar.

Kesimpulan. Kami mengharapkan kepada TNI dan polri apabila ada Pemblokiran jalan di wilayah kabupaten Bima agar tetap mengambil tindakan tegas seperti ini.

Kepada pihak pemerintah daerah agar tetap ikut Andil dan sikap terhadap permasalahan yang ada di tengah tengah masyarakat nya agar tidak terjadi hal hal yang demikian. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar