Bupati Bima Membuka Secara Resmi Event Nasional Teka Tambora tahun 2022.


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri SE, membuka secara resmi Event Nasional Teka Tambora di halaman Kantor Bupati Bima Sekitar Pukul 15.10. WITA. Jum'at, (27/05/22).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi ST. M. UM, Wakil Bupati Dompu, Ketua DPRD Kab. Bima M. Putra Feriyandi ST, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Muhammad Jia Ulhak S. Sos.l, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko SIK, Seluruh OPD Kabupaten Bima, Para Camat dan Peserta Pendaki Tambora.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi ST. M. UM dalam sambutannya, beliau menyampaikan salam takzimnya Gubernur NTB yang tidak berkesempatan hadir dalam acara tersebut, karena ada kegiatan lain yang membuatnya tidak bisa hadir, ia juga menjelaskan bahwa dua tahun waktu yang cukup lama ketika Pandemi Covid 19 menyapa kita sehingga berbagai Event Kepariwisata hampir terhenti, karena dampak dari Covid 19. Pungkasnya.

Lanjut Covid dan Pariwisata memang dua sisi yang tidak bisa bertemu, yang satunya menghendaki orang untuk jalan - jalan yang satunya menghendaki orang agar diam di rumah, yang mengakibatkan sektor Pariwisata terpuruk sekali, namun kita semua bersyukur bahwasanya Pandemi telah berakhir yang artinya sektor Kepariwisataan kita akan kembali pulih dalam keterpurukan.


Beberapa bulan yang lalu Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Republik Indonesia telah menggelar Event Motor GP, di Mandalika dan kami melihat itu semua merupakan salah satu tonggak awal pemulihan dan kebangkitan dari sektor Pariwisata, sehingga menambah keyakinan kita untuk menggelar Event lainnya  yang akan mewarnai Dinamika Kepariwisataan di Propinsi NTB, dan kali ini kita hadir bersama-sama menyaksikan dimulainya TekaTambora yang akan dilaksanakan hingga tiga hari kedepan.

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri SE, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, setelah dua tahun kita vakum melaksanakan kegiatan memperingati meletusnya Gunung Tambora, pada tahun ini 207 tahun adalah usia yang luar biasa, Tambora membuktikan diri dimata Dunia, tidak hanya ditingkat Kabupaten-Kota maupun NTB, tetapi Tambora dimata Dunia. Pungkasnya.

Berbicara tentang Tambora adalah merupakan kebanggaan bagi masyarakat Bima-Dompu NTB, Indonesia, bahkan masyarakat Internasional, pada masanya dengan kegagahannya bisa merubah iklim sampai ke benua Eropa, oleh karena itu tujuan kita kembali menggugah, mengingatkan pada setiap generasi yang hadir, lahir di NTB, untuk mengenal lebih dekat, untuk mengetahui tidak hanya melalui Literasi tentang kemegahan Gunung Tambora.

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati 207 tahun, hari ini kita kembali menggaungkan Teka Tambora.

Lanjut Umi Dinda. Melalui Taman Nasional, yang sebelumnya Tambora hanya memiliki satu jalur pendakian yaitu yang berada di desa Pancasila yang ada di Kabupaten Dompu, hari ini kita kembali melakukan kegiatan memperkenalkan jalur di Desa Piong Kecamatan Sanggar yang merupakan bagian dari sejarah meletusnya Gunung Tambora.

“Jalur yang berada di desa Piong ini memiliki rute yang paling dekat menuju puncak, bisa dilalui melalui offroad yaitu mobil maupun motor,” pungkas Bupati.

Kedahsyatan Tambora diperingati setiap tahunnya bukan untuk membanggakan beberapa wilayah dan beberapa jalur pendakian, akan tetapi masyarakat yang berada di lingkaran Gunung Tambora wajib untuk memperkenalkan dan membanggakan diri.


“Kita harus lebih tahu apa yang bisa kita tawarkan sehingga orang tidak hanya membaca Tambora, masyarakat harus bisa hadir dan melihat secara langsung keindahan yang berada di puncak Gunung Tambora,” harapnya.

Bupati meminta kepada seluruh masyarakat yang tersebar di 18 Kecamatan dan 191 Desa terutama keluarga besar yang berada di Kecamatan Sanggar dan Tambora, untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik, berikan kesan hangat dan ramah bagi siapapun yang hadir untuk melihat kemegahan dan keindahan Tambora.

Bupati juga menegaskan, menjadi kewajiban kita bersama untuk turut ikut mensukseskan kegiatan tersebut, tahun ini, banyak Pemerintah dan wisatawan diluar Bima, hadir secara khusus untuk memastikan serta mensukseskan kegiatan Teka Tambora,

Dengan melaksanakan kegiatan event Teka Tambora melalui jalur desa Piong Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima tahun 2022 ini, tentunya semoga berbagai kegiatan terutama sekali para pendaki yang mencapai puncak dapat memposting dengan sebanyak mungkin melalui media sosial untuk ikut membantu mempromosikan keindahan Tambora di mata dunia.

“Kegiatan ini semoga kita akan mampu memperkenalkan Tambora di mata dunia dan selalu menjadikan kebanggaan dalam diri kita sebagai bagian yang terdekat dari Gunung Tambora.” tutup Bupati Bima. (MDG 002).

Load disqus comments

0 comments