Dugaan Pencemaran Teluk Bima, DLH Lakukan Pemantauan


Bima-NTB, Media Dinamika Global.Id.--
Sesuai hasil pantauan lapangan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Tim Bidang Perhutanan Rakyat, Pencemaran dan Pengendalian Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bima yang langsung dipimpin Kadis Jaidun, S.Hut hari ini Rabu 27 April 2022Jam 9.00 WITA bahwa gumpalan yang terjadi ini bukan tumpahan minyak.

Dugaan sementara berasal dari lumut / ganggang laut. Untuk memastikan apa sebenarnya yang terjadi dan apa penyebab berkaitan dengan fenomena tersebut, pihak DLH kab. Bima telah mengambil sampel air laut dan gumpalan tersebut  dianalisa lebih lanjut di laboratorium. Namun untuk kesimpulan apa penyebab pasti dari fenomena tersebut baru bisa diketahui secara pasti setelah ada hasil dari laboratorium.

Dari pengamatan sementara oleh Tim DLH fenomena yang sekarang terjadi di Teluk Bima lebih menjurus ke "Sea snot" Suatu lendir laut atau ingus laut adalah sekumpulan organisme mirip mukus yang ditemukan di laut. Sifatnya yang mirip gelatin dan krim umumnya tak berbahaya, namun dapat mengandung virus dan bakteria, termasuk E. coli. Lendir laut sering muncul di Laut Tengah dan baru-baru ini menyebar ke Laut Marmara Turki.

Salah satu penyebabnya karena pemanasan global, juga banyaknya buangan limbah tanpa pengolahan terlebih dahulu yang terakumulasi selama ini menuju Teluk Bima serta akibat naiknya temperatur air laut.

Kerusakan tersebut berdampak jangka panjang pada biota laut seperti ikan yang mati dan kesehatan manusia. Oleh karena itu semua pihak diharapkan dapat memberikan  kontribusi nyata bagi pemulihan lingkungan Teluk Bima. (MDG.01).
Load disqus comments

0 comments