Besok, Quartararo Start Paling Depan MotoGP Mandalika 2022

Foto: Fabio Quartararo
Andalan Monster Energy Yamaha Jadi Start Pertama Besok di Sirkuit Mandalika.

Mandalika, Media Dinamika Global.Id -- Penggemar olahraga balap otomotif di tanah air besok, Minggu (20/3/2022), akan menjadi saksi munculnya juara baru MotoGP seri kedua musim 2022 bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

Pada babak kualifikasi yang digelar di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (19/3/2022), Fabio Quartararo tampil sebagai pemilik catatan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik.

Andalan Monster Energy Yamaha ini akan menjadi pemilik start terdepan (pole position) dalam lomba besok. Pebalap asal Prancis berjuluk El Diablo itu lebih cepat  dari duo Pramac Ducati Jorge Martin dan Johann Zarco yang menempati posisi 2 dan 3 kualifikasi.

Di urutan keempat tampil Brad Binder (KTM) dan Enea Bastianini (Gresini Racing) di lima besar. Hasil posisi start terdepan ini merupakan kejutan bagi juara dunia musim lu tersebut. Lantaran dalam dua latihan resmo ia selalu mengalami nasib sial, mogok di sesi pertama, Jumat (18/3/2022) dan sesi ketiga hari ini.

Nasib lebih apes dialami juara dunia enam kali MotoGP, Marc Marquez yang gagal total dalam dua hari ini. Di hari pertama ia terjatuh di latihan pertama dan latihan ketiga bahkan hingga dua kali. Alhasil, pebalap asal Spanyol itu tidak akan berlomba dari urutan 10 besar. Ia justru akan memulai start dari grid 15. Hal ini tentu mengecewakan favorit juara seri Mandalika tersebut.

"Menyenangkan rasanya kembali ke pole (position). Saya memiliki hasil yang bagus pada latihan resmi keempat. Kemudian saat kualifikasi saya melakukan dua lap yang sangat cepat. Saya membuat beberapa kesalahan, dan akhirnya itu sudah terbayarkan juga," kata dia dalam wawancara usai kualifikasi seperti dikutip dari tayangan langsung MotoGP Mandalika.

Di kelas Moto2, pebalap Jake Dixon akan start dari posisi terdepan. Ini adalah pole position perdana dari jagoan Aspar Team tersebut. Ia diikuti oleh pebalap Red Bull KTM Ajo, Augusto Fernandez, di posisi kedua dan pembalap Elf Marc VDS Racing, Sam Lowes, di urutan ketiga.

(Red. Surya Ghempar).
Load disqus comments

0 komentar