Walikota Bima Buka Kejuaraan Pencak Silat Antar Perguruan Se-Kota Bima


Kota Bima. Media Dinamika Global. Id. - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bima, pagi ini Kamis (23/12/2021) memulai kejuaraan pencak silat antar perguruan se Kota Bima. Kegiatan yang digelar di Gedung Seni dan Budaya Kota Bima, dibuka resmi Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, dihadiri Sekda Kota Bima, Drs. H. Muhtar Landa, MH, Kepala Dinas Dikbud Kota Bima Drs. H. Supratman, M.AP.

Walikota Bima dalam sambutannya mengapresiasi IPSI Kota Bima menggelar kejuaraan pencak silat, tentunya dengan kejuaraan ini melahirkan para atlit pencak silat yang handal dan membawa nama harum Kota Bima. H. Lutfi berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Adapun 11 perguruan pencak silat sebagai peserta, yakni Persinas ASAD, Elang Sakti, PSHT, Putra Bima, Ular Naga, IKS.PI Kera Sakti, Betako Teratai Putih, Nurul Husna, Eka Sakti, Lebah Mas dan Tapak Suci.

Gufran AH, S.Pd, M.Si selaku Pembina Prestasi PD IPSI Kota Bima mengatakan, bahwa IPSI adalah suatu organisasi yang ikut melestarikan kebudayaan bangsa. Menurutnya, Bangsa Indonesia harus bangga dengan seni bela diri sendiri serta harus ikut melestarikan dan mempromosikan olahraga pencak silat.

Gufran berpesan mari kita bersama-sama tetap mengembangkan warisan budaya leluhur dengan wawasan kebangsaan dan jiwa patriotisme untuk menjadi landasan dalam kehidupan sehari-hari.

Terlebih sekarang ini kita semua masih dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga diharapkan IPSI masih dapat menumbuhkan calon bibit muda yang dapat berkiprah dala. Even tingkat provinsi, nasional bahkan internasional, ungkapnya.

Lebih jauh Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Bima ini juga menjelaskan, bahwa pencak silat sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri dan kecerdasan anak secara menyeluruh, bukan hanya fisik tetapi juga mental spiritual. 

Didalam pencak silat seorang anak dilatih untuk daya tahan fisik Adi tanding, bahkan anak dilatih tentang kepemimpinan dan spiritual, terang Gufran. (***).

Load disqus comments

0 komentar