Curah Hujan Tinggi Puluhan Rumah dan Sawah di Desa Taloko Terendam Banjir


Taloko Sanggar. Media Dinamika Global. Id.- Intensitas Hujan Tinggi, Pulahan Rumah dan Sawah di Desa Taloko Terendam Banjir. Hujan dengan intensitas tinggi yang memicu debit air Sungai Malisa Lewst So Mareti, dan Arah Dompu meluap hingga menyebabkan sebanyak kurang lebih 50 rumah dan 50 hektar lebih sawah warga terendam Banjir di Desa Taloko Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, pada Selasa, 01 Desember 2021.

Kepala Desa Taloko, Kasim Jae, mengatakan, intensitas hujan tinggi sekali di Kecamatan Sanggar, belum lagi air kiriman dari arah sungai Malisa Lewst So Mareti, Arah Dompu tembus Wilayah Sanggar dan Kilo, sehingga meluap disekitar persawahan Desa Taloko dan masuk di perkampungan seperti di Dusun Tilonggela, Dusun Doro Toi, Dusun Oi lanco, mengakibatkan 50 Rumah Warga, dan Persawahan lebih kurang 50 Hektar.

"Kondisi saat ini cuaca di sekitar lokasi banjir masih mendung. Kades Taloko Kasim Jae, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan memantau prakiraan cuaca dari sungai dan sekitarnya.

Kades mengajak warga jangan tinggalkan rumah masing-masing, dan waspada, jangan percaya dulu informasi yang tidak pasti, tandasnya.

Kades berharap kepada Pemkab Bima, Pemerintah Provinsi NTB, dan Pusat untuk membantu warga kami yang terkena banjir, minimal memberikan bantuan Bibit Padi untuk di tanam kembali oleh warga kami, karena padi mereka saat ini sudah terbawa banjir, termasuk kebutuhan lainnya, harap Kades, Taloko.(Team MDG).

Load disqus comments

0 comments