RUANGAN KADES DAN SEKDES BUGIS SAPE DI BOBOL PENCURI,POLISI LAKUKAN OLAH TKP


Sape Bima NTB. Media Dinamika Global. Id. Kantor Desa Bugis Kec.Sape Kab.Bima.NTB dikejutkan dengan peristiwa yang sangat memilukan yaitu kasus pencurian tepatnya diruangan Sekretaris Desa (Sekdes) kemudian tembus melewati Ruangan yang berada di sebelahnya yaitu ruangan Kepala Desa Bugis.

Peristiwa Pencurian tersebut diketahui setelah dua orang yang mendatangi dan masuk Kantor Balai Desa pada pagi harinya yaitu Kepala Dusun (Kadus) Kampo Baru " Taufik dan  satu orang masyarakat Dusun Gusung " Khairudin ,kemudian Dua orang tersebut langsung melaporkannya kepada Kepala Desa Bugis untuk selanjutnya dilaporkan kembali kepada pihak yang berwajib yaitu Polsek Sape untuk segera melakukan olah TKP dan Penyelidikan lebih lanjut.

Sekitar pukul 13 : 45 Wita  Anggota Polsek Sape yang dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Sape (IPDA Kuntho,T Prakoso.SH) tiba dilokasi dan langsung  melakukan Olah TKP dan Identifikasi Masalah untuk selanjutnya dilakukan penyelidikan dan pengembangan kasus.

Kanit Reskrim Polsek Sape (IPDA Kuntho,T Prakoso.SH) menyampaikan di depan awak media  bahwa kasus ini masuk dalam kategori Pencurian dengan Pemberatan dengan Ancaman Hukuman diatas  5  Tahun Penjara berdasarkan pasal 363 KUHP (Kitab Undang undang Hukum Pidana) tentang orang yang melakukan Pencurian dengan Pemberatan (Curat) di ancama dengan pidana penjara paling lama 7 Tahun.

Untuk sementara pihaknyq akan mendalami kasus ini dan Untuk barang Bukti berupa satu buah Linggis dan Beberapa Potongan. kayu akan coba berkoordinasi dengan Pihak Polres Bima Kota untuk identifikasi Sidik Jari.Ungkap Kanit.

Kerugian ditaksirkan lebih kurang Rp.12.000.000 

Pantau awak media Sekretaris Desa Bugis (Tajudin.S.Sos) menjelaskan kepada polisi saat olah TKP bahwa Pelaku Mulai Masuk dan mencungkil Jendela di Ruangan staf yang berada di sebelah. setelah berada di dalam Balai Desa dia Langsung mencungkil Pintu Ruangan Sekdes dan menggasak 2 Unit Proyektor (1 Merupakan Inventaris Desa Bugis dan 1 Lagi merupakan milik Pemdes Oi Maci).

Sekdes juga menambahkan bahwa selain menggasak 2 Unit  Proyektor tersebut,pelaku juga mengambil berkas jual Beli Tanah, terutama berkas Tanah yang masih sengketa dan dokumen SPJ Dana Desa TA.2020 yang sudah berada dan tersusun rapi dilemari sekdes.

Setelah Pelaku mengobrak abrik ruangan sekdes Pelaku juga sempat mendobrak dan mencungkil Pintu yang menuju ke Ruangan Pak Kades yang tersambung dengan ruangannya Sekretaris Desa, dan mengobrak abrik berkas dan juga sempat mengambil Parang Rencong yang berada di ruangan Kepala Desa.

Kepala Desa Bugis, Muhamad Akbar, SE mengutuk atas peristiwa yang terjadi pada hari ini, dan kalaupun ini dilakukan oleh warga desa Bugis saya sebagai kepala Desa sangat menyayangkan, karena ini adalah kantor Desa Kita semua,sebagai tempat pelayanan bagi masyarakat yang seharusnya kita jaga serta kita lindungi bersama sama. Apalagi ini kejadian yang ketiga kalinya pencurian didalam Kantor Desa, yaitu pada tahun 2019 di bobol pencuri dengan mengambil beras Bantuan untuk masyarakat sebesar 100 Kg dan Speaker Desa.

Lanjut Kades, Masalah ini kami serahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian ini untuk melakukan Olah TKP dan Penyelidikan lebih intens.


Kades Bugis Muhammad Akbar, SE menjelaskan di depan awak media bahwa dirinya merasa kaget setelah sampai di Balai Desa melihat langsung  ruangannya termasuk ruangannya Sekdes sudah berantakan dengan beberapa inventaris Desa yang juga ikut hilang.

Saya melihat dan menganalisa bahwa Pelaku Mencuri bukan karena dia Lapar,akan tetapi ada motiv lain, ini terlihat Beberapa Berkas dan Dokumen Penting juga diambil seperti Dokumen SPJ DANA DESA TA.2020 dan Berkas Jual Beli dan berkas Sengketa Tanah,padahal di balai desa ada beras sebanyak 16 Sak satupun tidak diambil.saya Curiga ada motiv lain dibalik ini semua.Jelas Kades.

Semoga Pelaku cepat tertangkap dan dihukum berdasarkan Hukum yang berlaku di Negri ini". Tutur kades.(Arif MDG).

Load disqus comments

0 komentar