Bupati Dompu, Kader Jaelani hadiri Acara Penanaman Perdana Jagung Hibrida Yang Dirangkaikan Dengan Do'a Bersama


Dompu NTB. Media Dinamika Global. Id.-Bupati Dompu, Kader Jaelani hadiri Acara Penanaman Perdana Jagung Hibrida yang dirangkaikan dengan do'a bersama dengan seluruh warga dan elemen penting lainnya. Acara berlangsung hari Rabu, (10/11/21) sekitar Pukul 15.00 - 17.00 Wita, di Dusun Makarti Blok C Desa Taropo Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ikut hadir di acara tersebut Anggota DPRD Dapil III, Kurniawan SE, Kadis Dikpora, Drs. H. Rifaid, M.Pd, Plt. Kadis Pertanian, Kadis Ketahan Pangan Ir. Ruslan M.Si dan Perkebunan, Ir. Syamsudin, Nasional Sales Manajer, PT. Avanta, Danu Prasetio.

Hadir juga Plt. Camat Kilo, Rudi Purnomo S.Pt, Danramil 1614-04/Kilo, Kapten Infantri Muslimin, Kapolsek Kilo, Iptu Yuliansyah, Babinsa dan Babinmas Desa Taropo, Kades Taropo beserta jajarannya, Toga, toma, Topem dan para tamu undangan lainnya  dengan jumlah lebih kurang 150 orang.

Kades Taropo, Abdurrahman Mahdon, dalam momen ini menyampaikan ucapan selamat datang dan berterima kasih kepada Bupati AKJ dan rombongan yang telah memenuhi undangan dalam kegiatan penanaman perdana jagung yang dirangkaikan dengan acara do'a bersama. "Atas kehadiran Bupati AKJ dan rombongan di acara ini kami sampaikan ucapan selamat datang dan berterima kasih", ungkap Kades Taropo.

Kades Abdurrahman Mahdon memberi penjelasan, Desa Taropo adalah Desa Nusantara kecil yang masyarakatnya terdiri dari berbagai suku diantaranya Suku Sasak, Suku Bima dan Suku Bali, yang mana mereka adalah mayoritas petani dan hidup secara berdampingan antara satu dengan lainnya. Lanjutnya, Desa Taropo mempunyai banyak potensi dengan kondisii tanah yang subur dan hamparannya yang luas serta berpotensi bisa mengaplikasikan Program Jarapasaka dan siap menjemput Program tersebut.

Berikutnya Kepala Desa Taropo, menyampaikan harapan mudah-mudahan kegiatan tanam perdana jagung hibrida ini menjadi awal yang baik bagi para petani di desa yang dipimpinnya dan bisa menjadi motivasi bagi para pentani khususnya untuk semakin bersemangat dalam bekerja dan meningkatkan produktivitasnya. 

Selanjutnya dalam acara yang sama, Sales manajer PT. Advanta, Danu Prasetio, memperkenalkan berbagai produk dari perusahaanya. Menurutnya saat ini harga jagung sudah tembus diangka Rp.5.900 di tingkat pabrik pakan ternak di pulau Jawa dan di Kabupaten Dompu pun harga saat ini sudah sangat bagus, dan tugas kami akan menyediakan produk bibit jagung unggulan yang berkualitas untuk para petani. 

Lanjutnya lagi, PT. Advanta sudah memproduksi bibit jagung roti dan bibit jagung ungu serta berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan para petani Indonesia. "Dalam kesempatan yang baik ini, kami berterima kasih kepada Pemda Dompu yang telah mensupport para petani untuk menanam jagung", ujarnya.

Bupati Kader Jaelani dalam amanatnya selain memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan yang berlangsung juga berterima kasih kepada Pemerintah Desa Taropo dan seluruh petani Desa Taropo atas undangan penanaman perdana jagung hibrida di musim tanam  tahun ini yang dirangkaikan dengan acara do'a bersama.

 "Saya mengapresiasi dan berterima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa dan warga masyarakat yang sudah menyambut musim hujan dengan semangat menanam jagung", tandasnya. Ditambahkannya, mudah-mudahan apa yang diperbuat ini dapat diikuti oleh desa lainnya", harapnya.

Dimomen yang berlangsung Bupati AKJ juga menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat Desa Taropo, walaupun berbeda agama, adat istiadat namun masih bisa hidup rukun, damai, harmonis serta berdampingan antara satu dengan lainnya. "Kondisi ini perlu dipupuk, dibina dan dipelihara secara kontinu untuk kebaikan kehidupan kedepannya", ungkapnya.

Berikutnya lagi, Bupati berterima kasih kepada PT. Advan yang sudah menawarkan produk-produk unggulannya, baik berupa produk pakan ternak maupun produk bibit jagung. Semoga para petani bisa lebih sejahtera dan makmur dengan penyediaan bibit unggul tersebut. 

Kemudian kepada para petani Bupati AKJ berpesan guna mendapatkan hasil maksimal saat memulai aktivitas pertaniannya harus diawali dengan berdo'a. Upayakan saat memulai berbagai aktivitasnya dengan terlebih dahulu berdoa kepada Allah SWT, pesan Bupati AKJ mengingatkan para petani.

Hal penting lainnya yang juga disampaikan Bupati Kader Jaelani dimomen ini adalah menghimbau masyarakat khususnya para petani untuk tidak melakukan perluasan lahan tanam. "Saya menghimbau kepada para petani jagung agar tidak melakukan pembukaan dan perambahan lahan tanam yang baru", terang Bupati AKJ. 

Dalam himbauannya, Bupati AKJ mengajak semua elemen yang ada termasuk para petani untuk juga berpikir akan nasib anak dan keturunan kelak dikemudian hari. Mari menjaga dan melestarikan lingkungan alam yang ada disekitar kita, jangan lagi ada penambahan lahan baru dengan merambah hutan, cukup lahan yang sudah ada untuk ditanami jagung, ungkapnya. Dok, prokopim

Load disqus comments

0 komentar