Antisipasi Masuk Barang Larangan di Dalam Ruang Tahanan, Sat Tahti Gelar Periksa


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id --Menjaga keamanan dan kondusifitas Kamtibmas rutin dilaksanakan oleh Satuan Tahanan Dan Barang Bukti (Sat Tahti) di ruang tahanan (Rutan) Polresta Mataram. Khususnya untuk para tahanan yang berada di rutan. Oleh karenanya, pemeriksaan di dalam rutan rutin dilaksanakan. Seperti pengecekan dan kontrol Tahanan yang dipimpin langsung oleh Kasat Tahti Iptu Wahid Joni Atmajaya, Rabu Pagi (4/8/2021), bersama Kasiwas, Piket Provos dan petugas jaga tahanan.

Selain melakukan Pengecekan kondisi ruang Tahanan, petugas juga melakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan milik tahanan. Satu persatu tahanan dilakukan pemeriksaan badan oleh petugas, tujuannya untuk mengantisipasi masuknya barang terlarang di dalam ruang tahanan. 

"Ini kegiatan rutin yang kami lakukan. Untuk waktu pelaksanaannya sengaja kami lakukan secara terdadak. Pemeriksaan Rutan dan Tahanan yang ada untuk memastikan keamanan Rutan tetap steril dari barang yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam Rutan, sekaligus mengecek kondisi para Tahanan," ungkap Joni usai melakukan pemeriksaan.


Selain itu pengecekan secara detail terhadap kondisi ruang Tahanan ditingkatkan demi mencegah terjadinya para tahanan yang mencoba atau mencari celah agar mereka bisa kabur.

"Disitulah pentingnya fungsi kontrol, dengan kita rutin melaksanakan pemeriksaan, tidak hanya untuk Rutan saja tapi juga Tahanannya," tuturnya. 

Dari hasil pemeriksaan yang dilaksanakan. Tidak satupun barang ilegal atau barang yang dilarang ditemukan petugas. Rutan Polresta dipastikan steril dari barang yang tidak diperbolehkan.

"Karena pengunjung juga kan tetap kita periksa saat berkunjung terhadap barang bawaannya. Sekecil apapun celahnya itu ingin kita hindari," paparnya. Secara keseluruhan, giat pemeriksaan rutan dan tahanan Polresta berjalan aman dan lancar. (MDG.**).

Load disqus comments

0 komentar