Membudidayakan Ikan Nila Perdana dengan Sistem Bioflok di Jatibaru Asakota.


Jati baru Kota Bima. Media Dinamika Global. Id. Dengan Mengucapkan Assalamualaikum  sobat Jati baru Kecamatan Asakota kali ini kita coba memberikan tips bagaimana cara kita membudidayakan Ikan Nila Perdana yang di budidayakan oleh salah seorang Warga yang ada di Kelurahan Jati baru pada Selasa 23 Februari 2021.


Penggerak Swadaya Masyarakat Kantor Kecamatan Asakota melakukan Observasi dan Diskusi bersama Pembudidaya Ikan Nila dengan Sistem Bioflok di Jatibaru Kecamatan Asakota Kota Bima dengan diameter Kolam 5m dapat menampung 3.000 Ekor Bibit Nila.


Sistem budidaya ini baru pertama kali diterapkan oleh Bang Faisal namanya dengan Daya Tampung Ribuan Ekor dalam Satu Kolam, dan Alhamdulillah tingkat kematian bibit 0% selama satu bulan terakhir ini dengan estimasi biaya dari Swadaya sendiri.



Sebelumnya dengan menggunakan sistem ini beliau telah memenuhi masa Panen 400 Ekor dengan kalkulasi keuntungan 3-4 jutaan dengan masa waktu 3-6 bulan. Dari hasil tersebut dapat berkelanjutan dengan menggunakan kolam yang lebih besar dan daya tampung yang lebih banyak dan tentu nantinya dengan hasil yang maksimal.


Dalam kesempatan tersebut, Bang Faisal mengatakan Rasa Syukurnya atas Kunjungan dari Pemerintah Kota melalui Kantor Camat Asakota ini sehingga bisa melihat Langsung apa yang kami lakukan di Lapangan dan semoga ke depannya kita lebih semangat lagi untuk membudidayakan Ikan Nila ini. 


Pemerintah Kota Bima melalui Kantor Kecamatan Asakota mengatakan kita akan terus bergerak dengan berbagai macam Program demi menjaga dan keutuhan para Penampung dan Pembudidayakan,ini adalah Contoh baik bagi para Pegiat Ikan Nila yang mau berusaha untuk membudidayakan sehingga saat ini menjadi trending Topikc akhir-akhir ini. 


Lanjutnya, Pemerintah juga akan menggerakkan berbagai Sektor terutama bekerjasama dengan Masyarakat sehingga nantinya dengan Sektor tersebut bisa juga dilakukan Swadaya Masyarakat yang lebih penting dan Pemerintah Siap Membantu. Sumber : Didi (MDG 01).

Load disqus comments

0 comments