Jembatan Penghubung Ke Pekon Betung Pematang Sawah Ambruk, Mohon Atensi Pemerintah


Tanggamus. Media Dinamika Global. Id.– Jembatan penghubung menuju Pekon Betung menuju Pekon Guring, Pekon Waynipah dan Kantor Kecamatan Pematangsawa maupun Puskesmas Waynipah di Kabupaten Tanggamus, nyaris terputus.

Pasalnya, bagian jembatan dengan panjang kurang lebih 10 meter kembali amblas dipicu oleh intensitas hujan yang cukup deras sehingga mengakibatkan air menggegas  pondasi jembatan darurat hingga akhirnya ambruk.

Menurut Kakon Betung, Sahyan, peristiwa itu terjadi sore tadi Sabtu, tanggal 02 Maret 2024, sekitar pukul 15.30 WIB. Namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

“Kerugian materi akibat peristiwa ini belum dapat dipastikan, namun situasi ini membutuhkan penanganan segera dari pihak terkait untuk membangun jembatan darurat,” kata Sahyan kepada,awak media

Sahyan menyebut, hingga saat ini, jembatan yang amblas belum dapat dilalui oleh kendaraan Roda 2atau Roda4 namun demikian ada jalan alternatif yang bisa digunakan  oleh masrakat lainya yaitu adalah melalui jalan gang dusun Baturaja pekon Betung di Kecamatan Pematangsawa.

Mengingat, kondisi cuaca yang masih tidak menentu dengan adanya turun hujan ini, dikhawatirkan bahwa intensitas hujan yang deras dapat menyebabkan longsor yang lebih luas, sehingga diharapkan  kepada pemerintah segera mengambil tindakan.

“Harapannya segera diperbaiki, karna bisa mengancam jembatan dan nyawa masrakat yang melewatinya, tersebut dapat hanyut terbawa arus, selain itu jembatan alternatif juga kondisinya rawan amblas,” tutupnya.

Diketahui, jembatan tersebut juga pernah amblas paska anjir bandang menerjang Pekon Tanjungan dan Pekon Betung pada Kamis 30 Nopember 2023, dinihari.

Ambrolnya jembatan di Pekon Betung juga mengakibatkan satu sepeda motor Yamaha Vixion Nopol B 4023-NL terjatuh ke dalam sungai. Pengendara bernama Dedi (30) mengalami luka dagu 4 jahitan, penumpang Supri (39) mengalami luka lecet.

Jembatan sementara lalu dibangun melibatkan gotong royong masyarakat di 5 pekon wilayah setempat, pada Sabtu 16 Desember 2023 dan bertahan pada awal Maret 2024 ini. (UMar.mdg )

Load disqus comments

0 comments