Pemerintah Desa Na,e Kec.Sape Gelar Musrenbangdes RKPDesa 2024


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Kamis 04 Januari 2024 Pemerintah Desa Na,e Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB Menggelar Satu Kegiatan Penting yang merupakan bagian dari Tahapan Proses Perencanaan Pembangunan Desa yang wajib dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya yaitu Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDESA) Tahun Anggaran 2024 sekaligus menjadi desa tercepat ke Empat di Kecamatan Sape setelah Desa Rasabou,Desa Bugis dan Desa Boke.



Hadir Saat Kegiatan tersebut yaitu Kepala Desa Na,e (H.Syahbudin),Ketua BPD dan Anggota,Babinsa Na,e, Pendamping Desa Kecamatan Sape,Kadus, Lembaga Adat,Pengurus Bumdes,Bidan Desa,Kader Posyandu,RT/RW,Tokoh Agama, Pemuda,Tokoh Wanita dan Masyarakat.

Kepala Desa Na,e (H.Syahbudin) Dalam Sambutan nya Menjelaskan Bahwa Musrenbangdes merupakan sebuah forum partisipatif yang melibatkan semua elemen masyarakat desa, seperti warga, pemuda, tokoh adat, dan tokoh agama, untuk membahas dan merumuskan rencana pembangunan desa.

“Tujuan dari Musrenbangdes adalah untuk memastikan bahwa pembangunan di desa dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dan aspirasi masyarakat,” ucap Kepala Desa 

Sambutan Kepala Desa Na,e

Menurut Kades melalui Musrenbangdes masyarakat desa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan terkait pembangunan desa.

Salah satu proses partisipatif dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang dilaksanakan oleh Pemdes bersama BPD, dengan masyarakat, yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Sambutan Ketua BPD Na,e

Ketua BPD Na,e (Akhyar.SH) juga menambahkan, kegiatan Musyawarah tersebut untuk membahas rancangan RKP Desa tahun 2024 dan daftar usulan tahun 2024.

“Kegiatan Musrenbangdes yang kita laksanakan hari ini untuk menampung apa-apa yang dibutuhkan oleh seluruh warga masyarakat Desa Na,e,” ungkapnya.

Lanjutnya, “melalui kegiatan inilah, masyarakat diharapkan bisa mengajukan seluruh usulan-usulan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, berdasarkan regulasi yang ada, untuk prioritas yang masuk dalam usulan RKPDes Tahun 2024,” pungkasnya.

Sambutan Pendamping Desa Kecamatan Sape 

Pendamping Desa Kecamatan Sape (Arif Budiman,S.Pi) juga menyampaikan dan menjelaskan terkait dengan Prioritas dan  Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 Sesuai dengan Permendesa No 7 Tahun 2023 dan Permendesa No.13 Tahun 2023.

selain menentukan prioritas yang masuk dalam RKPDes Tahun 2024, Musrenbang Desa juga menyepakati program-program tahun anggaran 2024, yang akan diajukan ke tingkat Kecamatan dan kabupaten. Menurutnya, Program atau usulan yang diajukan ke tingkat kabupaten ini lebih dikenal dengan istilah Daftar Usulan Rencana Kegiatan (DURK).

“Program yang diusulkan adalah program-program yang tidak dapat didanai oleh APBDes karena bukan menjadi kewenangan desa melainkan kewenangan kabupaten, dengan harapan program usulan tersebut dapat menjadi prioritas kabupaten dan dapat direalisasikan,” terangnya.

Untuk Tahun 2024 Pagu Definitif Desa Na,e Kecamatan sebesar Rp.1.239.129.489 yang terdiri dari 3 Sumber Pagu yaitu bersumber dari Pagu Dana Desa Rp.743.414.000, Pagu Alokasi Dana Desa (ADD)  Rp.477.428.029 dan Pagu BDPRD Rp.18.287.460 

PDP Kecamatan Sape juga menambahkan, pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan, bukan semata - mata masalah pembangunan fisik tetapi juga harus meliputi dan memperhatikan masalah pemberdayaan masyarakat nya juga.

Sektor tersebut menjadi sangat krusial untuk diperhatikan dan diprioritaskan agar masyarakat sedikit demi sedikit, setahap demi setahap mampu memberdayakan dirinya sendiri untuk memenuhi kebutuhan primer (dasar) dan kebutuhan sekunder, sehingga diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin naik.

Pantauan awak media ketua Tim Penyusun RKPDESA 2024 (Syarful Anam,S.Kel) Membacakan dan menjelaskan Secara detail terkait dengan Rancangan Kegiatan untuk tahun anggaran 2024.

“Semoga dengan dilaksanakannya musrenbang Desa, pembangunan desa akan semakin terarah serta tepat sasaran demi terwujudnya desa maju, Indonesia maju,” pungkasnya.(Arf Sp/MDG .04)

Load disqus comments

0 comments