Jaga Kearifan Lokal Personil Koramil 1608-01/Rasanae Mengenal Lebih Dekat Musik Tradisional Bima


Kota Bima. Media Dinamika Global-id. Guna Jaga Kearifan Lokal Anggota Posramil Rasanae Timur Koramil 1608-01/Rasanae Peltu Muis bersama anggota lainnya mengunjungi salah satu warga Kelurahan Bapak Abdul Haer yang merupakan pemain Biola, salah satu alat musik tradisional Bima, pada Kamis. (25/01/2024) dalam suatu kegiatan sosial yang berharga.

Dalam kunjungan tersebut, para anggota Posramil Rasanae Timur mendatangi pemain alat musik tradisional Bima untuk belajar dan menambah pengetahuan serta keterampilan di bidang musik tradisional Bima. Selain itu, pemain alat musik tradisional Bima juga mengajarkan keterampilan memainkan Biola kepada anggota Posramil.


"WaPada kunjungan ini, kami mengucapkan terima kasih atas ilmu berharga yang telah diajarkan kepada kami. Selama kunjungan, kami belajar dan memperdalam pengetahuan tentang musik tradisional Bima, terutama alat musik Biola. Kami belajar memainkan Biola dan berdiskusi mengenai sejarah dan budaya di balik musik tradisional Bima," ujar Pelda Muis.

Terlihat keakraban dan kebersamaan antara anggota Posramil Rasanae Timur dan pemain alat musik tradisional Bima dalam kegiatan tersebut. Para anggota sangat termotivasi untuk terus belajar dan memahami tentang berbagai jenis alat musik tradisional, khususnya yang khas Bima seperti Gambus dan Rebana.


Dari tempat terpisah, Danramil 1608-01/Rasanae Kapten Seninot berharap kegiatan kunjungan tersebut dapat meningkatkan rasa cinta dan kepedulian terhadap seni dan budaya Indonesia serta menginspirasi orang-orang untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

"Semoga kegiatan berharga ini dapat terus dilakukan dan diikuti oleh anak muda Bima sebagai penerus, untuk melestarikan kebudayaan yang mulai luntur di masyarakat Bima. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan anggota tentang kekayaan budaya dan seni tradisional Indonesia, serta mempromosikan warisan budaya dan seni tradisional Indonesia," pungkas Kapten Seninot. (Ombus MDG)

Load disqus comments

0 comments