Truk Fuso Bermuatan Berat Tergelincir, Penyebabnya Belum Diketahui Pasti.


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Sebuah Truk Fuso bermuatan rumput laut tiba-tiba tergelincir saat dalam perjalanan dari arah Monta Selatan menuju Desa Tangga tepatnya di perbatasan Desa Sie dan Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Minggu, (31/12/23). 

Akibat kejadian ini, badan Truk Fuso menutupi ruas jalan sehingga menyebabkan kemacetan panjang hingga ratusan meter bagi para pengendara.

Yani selaku sopir Fuso menjelaskan kronologis tergelincirnya Fuso yang dikendarainya adalah, diduga disebabkan oleh ambyarnya pondasi pada Deker yang dikerjakan oleh pihak PUPR Propinsi, sehingga ketika dirinya melewati jalan tersebut mobilnya tiba-tiba tergelincir tepat diatas Deker tersebut.

Akibat kejadian yang menimpanya sejak pukul 23.15 Wita itu, dirinya tidak bisa melanjutkan perjalanan, hingga esok harinya salah satu alat berat milik salah satu warga Desa Sie membantu mengevakuasi serta membuka jalan bagi sejumlah kendaraan yang mengalami kemacetan hingga ratusan meter.

Dalam hal ini, Awak Media ini, menduga ada kelalaian dari pihak penyedia jasa dalam hal ini pihak PUPR Propinsi yang mengerjakan proyek itu.

Ditempat yang sama pihak PUPR, Arifin selaku Pengamat Jalan membantah atas kejadian tergelincirnya Fuso bermuatan rumput laut tersebut, pihaknya menjelaskan, itu bukan kelalaian pihak PUPR yang mengerjakan proyek itu, namun kejadian itu akibat pihak sopir yang kurang berhati-hati saat melewati jalan yang baru saja dikerjakan satu Minggu lalu.


Selain itu juga, pondasi pada Deker tersebut belum sepenuhnya kering, sehingga belum bisa dilewati oleh kendaraan yang bermuatan berat, disamping itu juga dikatakannya, kami sudah memberikan rambu-rambu serta garis Polish Line agar setiap pengendara berhati-hati saat melewati jalan itu. Tandasnya.

Menyikapi hal itu, Awak Media ini, mendesak pihak Bina Marga pada PUPR Propinsi NTB yang memiliki kewenangan agar bagaimana mengawal serta memantau pekerjaan itu, agar tidak dikerjakan asal-asalan, sehingga menimbulkan keresahan bagi masyarakat pengendara atau penggunaan jalan yang melaksanakan aktivitasnya. (Ombus MDG)

Load disqus comments

0 comments