Meriahkan HUT Ke - 78 TNI Tahun 2023, Kodim 0808/Blitar Gelar Pentas Seni Wayang Kulit


Blitar, Media Dinamika Global.id. - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke -78 TNI Tahun 2023, Kodim 0808/Blitar menggelar pentas seni wayang kulit dalang Ki Panji Paramosastro, S.Sn. dan Ki Dimas Suprobo S.Sn., dengan lakon Bimo Krido.

Pagelaran wayang kulit ini, digelar di Gedung Serba Guna Kel.Tawangsari Jl. Penataran No.20 Kec. Garum Kab. Blitar, Jumat malam (6/10/2023).

Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Sapto Dwi Priyono, S.E., mengatakan pagelaran ini

merupakan salah satu dari 78 pagelaran wayang kulit serentak yang dilaksanakan di berbagai satuan jajaran TNI di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini, juga sebagai wujud kepedulian dari TNI untuk turut nguri uri seni budaya warisan leluhur agar tetap lestari.

Sehingga generasi penerus bangsa, nantinya tetap mengenal dan memahami ajaran adiluhung dari warisan budaya leluhur ini. 

Apalagi pagelaran wayang kulit malam ini dimainkan oleh dua dalang sekaligus, tentunya akan sangat menarik dan unik untuk disaksikan, ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim menuturkan, kita harus merasa bangga, karena kesenian wayang kulit sudah diakui oleh dunia sebagai warisan budaya asli milik Bangsa Indonesia, tuturnya.

Perlu diketahui, kesenian wayang kulit bukan hanya sekadar sebuah kesenian atau pertunjukan, namun lebih dari itu merupakan media refleksi yang menggambarkan kisah nyata masyarakat, penuh dengan kearifan yang ada di tengah tengah kehidupan dunia ini.

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati HUT ke -78 TNI Tahun 2023, Dandim mengajak agar apa yang menjadi pesan kebajikan dari lakon ini, nantinya bisa teraktualisasi dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di tengah tengah kebinekaan.

Dandim tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada Forkopimda Blitar Raya dan seluruh komponen masyarakat atas dukungan dan kerja samanya selama ini.

Semoga jalinan kerja sama antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah bersama masyarakat yang selama ini sudah berjalan dengan baik bisa terus ditingkatkan, agar kekompakan dan kebersamaan dapat terjalin semakin tambah solid, tegasnya (Dim0808).

Load disqus comments

0 comments