Berduka, Dua Orang Petugas Damkar Pahlawan Kemanusiaan Tewas Saat Hendak Memadamkan Kebakaran di Pane


Kota Bima NTB, Media dinamika global-id.~Kini kembali berduka. Dua orang petugas damkar pahlawan kemanusiaan (pegawai Pemadam Kebakaran) pada Dinas Damkar Kota Bima, Ahmad Fathoni dan Nazar meninggal dunia. Keduanya tewas setelah satu unit Mobil Damkar yang ditumpangi keduanya mengalami kecelakaan tunggal dalam bentuk terguling di sekitar perempatan di sekitar bekas kantor Bumi Putera di Kelurahan Manggemaci Kecamatan Rasanae Barat.

Sementara sang supir mobil Damkar tersebut yang diketahaui bernama Latu Muhammadin, hingga kini dikabarkan masih dirawat di RSUD Bima. Hingga berita ini dtulis, belum diketahui tentang kondisi terkini yang dialami oleh Latu Muhammadin. Namun berbagai pihak berharap dan berdoa agar Latu Muhammadin bisa diselamatkan oleh Tim Medis RSUD Bima dan kembali normal seperti sediakala.

Peristiwa mengenaskan yang mengakibatkan dua orang pahlawan kemanusiaan terebut meninggal dunia, dijelaskan terjadi pada Minggu sore (01/10/2023). Sekira pukul, 15:20 WITA.


Peistiwa berujung duka ini, diketahui disaat kedua korban hendak menjalankan tugas kemanusiaan. Yakni hendak memadamkan kebakaran yang terjadi di wilayah Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat-Kota Bima. 

Catatan terkini Media ini melaporkan, duka dan air mata terus terus tercurah setelah kedua pahlawan kemanusiaan tersebut tewas disaat menjalankan tugas mulianya. Duka dan air mata tersebut bukan saja terjadi di dunia nyata. Tetapi terpantau ikut pewarnai beranda Media Sosial (Medsos). Betapa tidak, para nitizen terlihat memposting foto kedua korban meninggal dunia maupun rekaman video mobil Damkar terguling yang ditumpangi kedua korban itu pula.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar Kota Bima melalui Kasi Penyelamatan pada Instansi setempat, Syahruman membenarkan adanya peristiwa mengenaskan yang mengakibatkan dua orang petugas Damkar tersebut meninggal dunia tersebut. Syahruman menandaskan, peristiwa mengenaskan itu terjadi disaat kedua korban dan sang supir hendak memadamkan apir yang melahap sebuah rumah i wilayah Kelurahan Pane.

“Saat itu mobil Damkar Kota Bima hendak menyalip bebepa kendaraan di depanya. Namun pada moment bersamaan, kendaraan Damkar tersebut langsung terguling. Akibatnya, dua orang pegawai Damkar Kota Bima meninggal duni. Dan sang supirnya mengalami luka serius,” Ungkap Syahruman.

Saat kecelakaan berujung maut itu terjadi, Syahruman mengaku bahwa kedua korban terebut sempat dilarikan ke RS Muhammadiyah Kota Bima guna mendapatkan pertolonga medis. Sayangnya, nyawa kedua korban tersebut dijelaskan tidak dapat ditolong.

“Peristiwa mengenaskan ini, tentu saja membawaduka teramat dalam bagi kami di Dinas Damkar Kota Bima. Duka teramat dalam juga dirasakan oleh masyarakat Kota Bima. Sebab, kedua korban meninggal dunia ini telah membuktikan pengabdian terbaiknya selama bertugas pada Dinas Damkar Kota Bima,” Ujarnya Syahruman.

Catatan penting lain lain yang diperoleh Media ini mengungkap, bahwa di masa hidupnya kedua korban dikenal sebagai sosok yang sangat baik. Tak hanya itu, kedua korban disebut-sebut telah membuktikan sederetan kontribusi terbaiknya di dalam memadamkan api yang melahap rumah warga di berbagai wilayah di Kota Bima.


Bukan itu saja, juga dijelaskan bahwa selama ini kedua korban tersebut merupakan sosok yang sangat peka dan cepat di dalam menyikapi setiap peristiwa kebakaran rumah warga di berbagai wilayah di Kota Bima. Pengabdian terbaik kedua korban tersebut, menyisakan kenangan yang tak terlupakan oleh seluruh masyarakat Kota Bima.

Dan atas kepergian kedua korban untuk selamanya, berbagai pihak berharap agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bima bisa memperhatikan keluarga yang ditinggalkan oleh kedua korban. Bukan itu saja, dalam kaitan itu Pemkot Bima diharap agar memberikan penghargaan terbaik kepada kedua korban maupun keluarga yang ditinggalkanya.

Hingga berita ini ditulis, ungkapan belasungkawa atas kepergiaan kedua korban untuk selamanya terus berdatangan dari berbagai pihak. Antara lain ungkapan belasungkawa tersebut datang dari pahlawan kemanusiaan yakni BASARNAS Bima dan pihak Pemkot Bima melalui Pj. Walikota Bima, Ir. H. Muhammad Rum, MT. (Team MDG).

Load disqus comments

0 comments