HJR DPR RI Hadiri Apel Siaga Diperkemahan Moyo Sumbawa


Sumbawa, Media Dinamika Global.id.~ Johan Rosihan hadir di tengah-tengah para siswa SMA yang mengikuti apel siaga pramuka di Bumi Perkemahan Moyo Sumbawa pada 22 Juli 2023. Dalam acara tersebut, Anggota MPR dari dapil Pulau Sumbawa ini berkesempatan menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI.    

“Empat Pilar MPR RI ini mencakup Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Negara RI Tahun 1945 sebagai konstitusi serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara” urai Johan. 

Selanjutnya Anggota Komisi IV DPR ini membekali para pramuka dengan cerita tentang proses perumusan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, serta nilai-nilai dasar wawasan kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila.  

Dalam forum ini, Johan mengajak seluruh pramuka untuk tidak pernah lelah dan jenuh dalam belajar. “Dalam ber-Pramuka, kalian bisa belajar mengetahui (Learning to know) untuk memiliki pengetahuan umum yang cukup luas dan untuk dapat bekerja secara mendalam dalam beberapa hal” urai Johan.  

Juga belajar berbuat (Learning to do) bukan hanya untuk memperoleh kecakapan/ketrampilan, kerja, melainkan juga untuk memiliki ketrampilan hidup yang luas, termasuk hubungan antar pribadi dan hubungan antar kelompok. Bahkan belajar hidup bermasyarakat (Learning to live together) untuk menumbuhkan pemahaman terhadap orang lain, menghargai, saling ketergantungan, keterampilan dalam kerja kelompok dan mengatasi pertentangan-pertentangan, serta menghormati sedalam-dalamnya nilai-nilai kemajemukan (pluralism), saling pengertian, perdamaian dan keadilan.

Terakhir bisa belajar untuk mengabdi (Learning to serve) agar peduli terhadap sesama dan alam semesta. Serta belajar menjadi seseorang (Learning to be) untuk mengembangkan watak dan kepribadian sehingga mempunyai sikap mandiri, tegas, prinsip, nalar, dan berani mengemukakan pendapat serta bertanggungjawab, tutup Johan.(sekjenMDG)

Load disqus comments

0 comments