Upaya Harkamtibmas, Kapolsek Selaparang Kunjungi SMAN 9 Mataram


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.__ Dalam upaya Harkamtibmas dengan mencegah kenakalan remaja, Kapolsek Selaparang Iptu I Putu Sastrawan SH melaksanakan sambang memberikan imbauan dengan mengunjungi SMA Negeri 9 Mataram,  Di Ruang Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Mataram, Bertempat Di Ruang Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Mataram, Telah berlangsung Kunjungan Kapolsek Selaparang Ke SMA Negeri 9 Mataram, Jalan Pejanggik, Kota Mataram. Jumat, (18/08/2023).

Kegiatan selain dalam rangka menjaga Harkamtibmas dilingkungan Sekolah sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antar Pelajar. 

Hadir dalam kegiatan Kapolsek Selaparang didampingi Piket Unit Patroli Polsek Selaparang Aiptu L. Erwin Suharjo dan Bhabinkamtibmas Mataram Barat Aipda L.M. Irawan disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Mataram Nengah Istiqomah M.Pd.

Kapolresta Mataram melalui Kapolsek Selaparang Iptu I Putu Sastrawan SH mengatakan bahwa sambang ini untuk menjaga Harkamtibmas dan memberikan masukan kepada Kepala Sekolah agar selalu merespon hal hal sekecil apapun yang menjadi permasalahan siswa.

" Serta janganlah segan segan untuk memberikan sangsi bagi pelajar yang melakukan pelanggaran berat, untuk dijadikan contoh siswa lainya untuk tidak lagi melakukan pelanggaran disiplin sekaligus menegakan tata tertib sekolah ", ucap Iptu Sastrawan.

Kapolsek juga menjelaskan untuk meminimalkan tawuran antar pelajar sekolah dihimbau menerapkan aturan tata tertib yang lebih ketat, mengingat terjadinya konflik antara Monjok dan Taliwang jangan sampai menular ke pelajar kedua kampung yang bersekolah di SMA Negeri 9 Mataram.

Selanjutnya peran Bimbingan Konseling harus diaktifkan dalam rangka pembinaan mental siswa. Membatu menemukan solusi bagi siswa yang mempunyai masalah, sehingga persoalan-persoalan siswa yang tadinya dapat jadi pemicu sebuah tawuran antar pelajar dapat dicegah tingkat sekolah, jelasnya.

Kami berharap agar pihak sekolah memperkuat pendidikan karakter dan budi pekerti yang berorientasi pada pembentukan sikap dan perilaku, harapnya.

Permasalahan kenakalan remaja merupakan tanggungjawab kita semua oleh karena itu kita harus meningkatkan pengawasan kepada para pelajar agar peristiwa tawuran antar pelajar tidak terulang, pungkasnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Mataram Nengah Istiqomah M.Pd. mengucapkan selamat datang di SMA Negeri 9 Mataram dan terimakasih kepada Kapolsek Selaparang yang sudah menyempatkan diri datang untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas di sekolah kami.

" Terkait dengan tawuran kami dari SMA Negeri 9 Mataram sudah membentuk tim untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antara pelajar dan kami juga telah menyampaikan kepada siswa bahwa jika ada yang melakukan pelanggaran akan diberikan sangsi berupa skorsing sampai ke pemecatan sebagai seorang siswa.

" Saya sendiri selain sebagai Kepsek SMA Negeri 9 Mataram, saya juga ikut dalam organisasi KPAI dan saya sebagai Kepsek sudah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perlindungan anak ", ucapnya.

Untuk sementara situasi di sekolah kami masih kondusif dan bisa kami selesaikan dengan mediasi dengan tim pengawasan sudah kita bentuk di tingkat sekolah, namun jika ada permasalahan yang harus menghadirkan pihak kepolisian kami akan berkoordinasi dengan aparat terkait, tutupnya.

(Surya Ghempar).

Load disqus comments

0 comments