Siswa – Siswi SMA Albanna Denpasar, Ikuti Pembekalan Bela Negara


Tabanan,Bali Indonesia,- Media Dinamika Global,Id,- Sekolah bukan hanya tempat sekedar menuntut ilmu pada dimensi formal saja. Sekolah sebagai tempat untuk belajar, beraktualisasi, serta bersosialisasi sebagai bagian dari kebutuhan peserta didik. Sekolah Albanna Denpasar, hadir sebagai bagian dari upaya untuk membantu generasi penerus bangsa, meraih cita-cita sesuai dengan impiannya dan menjadi generasi bangsa yang unggul. sekolah ini menggunakan kurikulum yang merupakan paduan dari Kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Khas. 

Program pembekalan bela negara yang menjadi kurikulum tambahan di SMA Albanna Denpasar, merupakan aktualisasi pemahaman ideologi Pancasila, dan memegang peranan penting dalam rangka membangun jati diri bangsa. Oleh karenanya perlu ada pandangan yang lebih luas dan lebih komprehensif, khususnya bagi para guru yang menjembatani langsung kepada peserta didik di sekolah.


Danrindam IX/Udayana, Kolonel Inf Wirawan Eko Prasetyo,W.E.,M.H memberikan sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wadanrindam, Kolonel Inf Endar Setyanto,S.I.P.,M.Han,  pada Upacara Pembukaan Pembekalan Bela Negara, bagi siswa siswi SMA Albanna Denpasar, yang bertempat di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udayana, Rabu tanggal 16 Agustus 2023.

“Pembekalan Bela negara, bagi siswa SMA Albanna Tahun 2023, dilaksanakan dalam rangka  memberikan pembekalan kedisiplinan Siswa Siswi SMA Albanna Denpasar. Sehingga mampu melaksanakan tugas belajar, sesuai dengan apa yang diharapkan oleh lembaga pendidikan, yakni memiliki karakter, disiplin, unggul dan pengetahuan yang luas serta berjiwa patriot dan nasionalis. 


Kegiatan Pembekalan Bela Negara ini di ikuti oleh 130 siswa siswi dan dilaksanakan selama 3 hari, sejak dibuka sampai dengan hari Jumat tanggal 18 Agustus 2023.   Adapun materi yang akan diberikan meliputi, Kerukunan Hidup antar Umat  Beragama, Pancasila, Nilai-nilai Kejuangan, Peraturan Baris-berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Api Semangat Bela Negara (ASBN), dan Mountainering.

Turut hadir dalam upacara pembukaan pembekalan bela negara ini adalah Para Kabag,Para Dansatdik, Dandodik, Perwira Staf Rindam IX/Udayana, Direktur pendidikan yayasan Al-Banna,Dr. Mashudi, S.Pd.,M.Pd, Kepala sekolah, Ruri Subiantoro,S.P.T.,M.Pd.


Sekolah juga sebagai wahana untuk mendidik para anak bangsa menjadi bertaqwa,terampil, berbudi pekerti luhur, cinta tanah air, serta sehat jasmani dan rohani. Penyelenggaraan bela negara di sekolah, direalisasikan melalui pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, upacara bendera, penyelenggaraan ibadah di sekolah, kegiatan ekstrakulikuler seperti Pramuka, PMR, seni tari, sebagai kegiatan yang sarat bermuatan pembentukan karakter, kepedulian kepada sesama, serta kecintaan kepada budaya asli nusantara. Tentunya sekolah telah menyelenggarakan kegiatan bermuatan bela negara sesuai dengan usia, fisik, psikhis, peserta didik. (Harry-Septa)

Load disqus comments

0 comments