Pemdes Jia Kec.Sape Sukses Gelar Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT,Semarak HUT RI KE-78


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Rabu.30 Agustus 2023 Pemerintah Desa Jia Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB Bersama sama dengan Panitia Lomba Melakukan Kunjungan Lapangan disetiap sudut Gang dan Lorong dalam Rangka Memberikan Penilaian dan juga Wawancara langsung Dengan Warga dan Ketua RT pada Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT Se-Desa Jia.

Foto Kades Jia Dan Panitia Lomba Penataan Lingkungan 


Desa Jia Merupakan Salah Satu Desa yang berada di Sebelah Barat Kecamatan Sape yang terdiri dari 4 Dusun,18 RT dan 9 RW dengan jumlah Penduduk Sebanyak 3043 Jiwa.

Dari 18 RT yang dinilai  berdasarkan informasi dari Ketua Panitia Lomba akan diambil 5 Lingkungan RT terbaik dan berhak akan mendapatkan Hadiah Berupa Uang Tunai dan Penghargaan 

Nampak Terlihat Hadir saat Penilaian Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT di desa Jia adalah Tim Juri Sebanyak 5 orang termasuk didalamnya Sebagai Juri adalah Ketua BPD Jia dan Bhabinkamtibmas.

Berdasarkan Informasi dari Tim Juri bahwa Penilaian Lomba ini meliputi 5 Indikator Penilaian antara lain : 

Tim Juri Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT 

Tim Juri Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT 

1. Nilai Kesehatan Lingkungan (Indikator : WC,Sanitasi dan Limbah Sampah)

2. Nilai Inovasi Lingkungan (Indikator : Keunikan Hiasan Lingkungan RT,Motto/Slogan Dilingkungan RT Contoh Jagalah Kebersihan Lingkungan RT)

3. Nilai Keindahan Lingkungan (Indikator : Hiasan Lingkungan,Taman Halaman Rumah dan Tata Lingkungan RT)

4. Nilai Kebersihan Lingkungan (Indikator : Halaman Bersih,Alat Kebersihan dan Tempat Sampah)

5. Nilai Keamanan Lingkungan (Indikator : Pagar Halaman Rumah,Kerapian Pagar Lingkungan RT,Ketertiban RT dan Juga melakukan Wawancara langsung terhadap Ketua RT).

Kepala Desa Jia (Sukri H.Mansyur) mengatakan, lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT Se-Desa Jia ini dalam rangka Menyemarakan dan Memeriahkan kemerdekaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke- 78.

Dan ini merupakan suatu apresiasi yang sebesar besarnya dari kami perintah desa, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang di gagas jauh- jauh hari terutama oleh ketua RT/RW serta warganya yang ada di lingkungan Desa Jia,termasuk Anggaran ini merupakan Swadaya dan donatur langsung dari Warga.



“ Kami Pemdes Jia bersama Panitia Penilaian Lomba pada hari ini melakukan penilaian terhadap lingkungan dengan memasuki setiap Gang dan lorong di setiap sudut guna memberikan penilaian langsung dalam menyongsong hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, tutur Kades.

“Kami mengapresiasi dan menghargai setinggi-tingginya dari segala bentuk upaya kegiatan yang di lakukan oleh warga masyarakat di lingkungan Desa Jia dan ini suatu kebanggaan untuk pemerintah desa.

Kepala Desa Juga berharap kegiatan tersebut kedepannya menjadi suatu kegiatan rutinitas baik itu dari hari ke hari atau minggu ke minggu supaya masyarakat terbiasa untuk menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Jadi tidak setiap seremoni saja, tapi lebih kedepannya memberikan edukasi, memberikan pendidikan untuk bagaimana cara menginovasi di lingkungan sendiri supaya terbebas dari sampah dan bagi mana cara pengelolaan sampah, bagaimana cara penataan lingkungan dengan baik” tutur Kades

Pantauan awak Media saat Penilaian Lomba oleh 5 orang Tim Juri juga didampingi langsung oleh Kepala Desa,Sekdes dan Seluruh Perangkat Desa,Ketua BPD dan Anggota BPD, Pendamping Desa Kecamatan Sape,PKK Jia ,Bhabinkamtibmas, Ketua RT/RW,LPMDesa,Karang Taruna dan Beberapa Masyarakat

Masyarakat Desa Senang Adanya Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT 


Kegiatan Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT ini juga disambut baik dan Mendapatkan Apresiasi yang setinggi tingginya dari Masyarakat Desa Jia.Semoga Setiap Tahun bisa terus dilaksanakan. Ungkap salah seorang warga Jia.

Kegiatan ini juga mendapat pujian dan Respon Positif dari Bapak Camat Sape (M.Akbar Musa.SP.M.Si)" Kegiatan yang diGagas oleh Pemerintah Desa Jia hari ini sungguh sangat luar Biasa dan semoga Bisa di ikuti oleh Desa Desa yang lain,ketika Sudah Mengadakan Lomba Penataan Lingkungan mulai dari RT/RW seperti ini nanti ketika akan mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima tinggal sedikit saja yang di benahi terutama kesadaran masyarakatnya sudah bisa tertata dengan baik, semoga bisa di ikuti oleh Desa desa yang lain di Kecamatan Sape.Ungkap Camat Sape 

Kegiatan Penilaian Lomba Penataan Lingkungan Tingkat RT Desa Jia Berlangsung dengan lancar tertib dan Sukses.

(Arf Sp/MDG.04)

Load disqus comments

0 comments