BPD Desa Tolouwi Gelar Musdes serta Pembentukan Tim RKPdes Tahun Anggaran 2024


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. BPD menggelar Musdes serta pembentukan Tim RKPdes Tahun 2024 yang di fasilitasi oleh Pemerintah Desa Tolouwi. Selasa, (30/08/23).

Mendidaklanjuti pasal 22 ayat 4 peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa bahwa, RKPDes pada bulan Juni Tahun berjalan dan di terapkan paling lambat bulan September dan menidak lanjuti surat dari DPMDes tentang pemberdayaan Masyarakat Desa.

Badan Pemusawratann desa (BPD) yang di fasilitasi oleh Pemerintah Desa Tolouwi melaksanakan salah satu tahapan kegiatan perencanaan tahunan Desa yaitu pembetukan Tim RKPdes, yang di awali dengan pembahasan Musawarah Desa, tentang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa( RKPDes) untuk tahun anggaran 2024.

Kegiatan Musdes di mulai pada pukul 08.30 di Aula Kantor Desa setempat.

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Kepala Desa beserta jajaranya, BPD beserta jajaranya, Camat Monta di waikili oleh Sekcam, Babinkaptimas, TP-PKk, Bidan Desa, serta RT dan RW. Desa Tolouwi.

Ketua BPD desa tolouwi yakni Bambang Kaslan, SE memberikan pandangnnya bahwa rencana kegiatan Pemerintah Desa Tolouwi, ini adalah sebuah dokumen kegiatan untuk 1 tahun, kegiatan ini merupakan penjabaran dari RPJMDes dalam kerangka ekonomi Desa, serta mempertimbangkan prioritas pembangunan.

BPD juga menyampaikan juga tujuan rencana kegiatan RKPDesa, menjadi dasar penyusunan dokumen penggaran Desa, yaitu APBDesa yg di usulkan kepada Pemerintah Daerah.

Terakhir, saya berharap di lakukanya RKPDesa ini nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ungkapnya.

Kades Tolouwi Ahmaddin, SH berterimakasih kepada BPD karna sudah menjadi mitra yg baik, kerja sama yang baik. dan bersinergi dengan baik, dalam rangka membangun pembangunan ekonomi, Infrastruktur, serta kesehatan terhadap masyarakat.

Masih dalam pantauan Media ini, semua usulan-usulan sudah di terima oleh Pemerintah Desa Tolouwi dan sudah dicatat dengan baik, tapi yang perlu di ketahui oleh masyarakat bahwa kalau usulan itu belum masuk di Tahun 2024 ini, maka pasti akan masuk di aggaran tahun berikutnya, ajar Kades.

Camat Monta diwaikili oleh Sekcam Imam firdaus, ST dalam sambutannya menyampaikan, terimakasi kepada Kepala Desa Tolouwi dan BPD karna sudah menggelar kegiatan ini, ujarnya .

Lanjutnya, rencana kegiatan sangat penting untuk dilakukan agar rencana kerja Pemerintah Desa bisa terlaksana dengan baik, terkait dengan kerja kerja mesti ada kesepahaman, kerja sama bergotong royong dari semua pihak.

Terakhir, Sekcam juga menambahkan terkait usulan usulan dari tamu undangan yang hadir seperti mendorong program kader posyandu dalam hal penanganan stanting dan lain-lain itu sangat diperlukan, tutup Sekcam. (Abdullah MDG)

Load disqus comments

0 comments