BRIDA Hadiri Rapat Koordinasi Indeks Di Aula Kantor Walikota Bima

Kota Bima, Media Dinamika Global.id.~ Walikota Bima H. Muhammad Lutfi,SE, meminta setiap Organisasi Perangkat daerah (OPD) di Lingkup Pemerintahn Kota Bima menyiapkan minimal satu Inovasi dalam rangka memudahkan kerja serta pelayanan kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Walikota Bima saat menghadiri rapat Koordinasi penilaian Indek Inovasi Daerah yang digelar bersama jajaran Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima Selasa, (17/7/2023) di Aula Pemkot.

Ia tegas menyatakan, setiap OPD harus berubah untuk membuat terobosan dalam rangka memberi pelayanan terbia kepada masyarakat, ini penting dilakukan gunan menyambut kemajuan teknologi saat ini. “Perlu adanya kerja keras dan membutuhkan energi untuk melakukan semua ini, Saya minta setiap OPD untuk tanggap terhadap perkembangan yang terjadi,” ujarnya.

OPD yang mampu itu kata dia, akan terlihat dengan selalu menggelar rapat koordinasi pada setiap pekerjaan yang dilakukan, sehingga apa yang dilakukan dapat terukur, dan bisa dilihat kalua OPD sering mengadakan rapat itu artinya mampu merencanakan. “Tidak mungkin jika OPD tidak menggelar rapat jika  hendak mengerjakan sesuatu, setiap pekerjaan perlu adanya perencanaan,” ujarnya.

Berbicara inovasi yang telah dilahirkan di jajaran Pemkot Bima, ia juga menghimbau untuk terus mengawal semua karya tersebut agar kemanfaaatannya bisa dirasakan oleh banyak orang, bukan hanya sekedar buat lalu ditinggalkan, hal itu tidak akan berarti apa apa jika hanya membuat. “Saya selalu membayangkan apa yang Kita lakukan ini akan menjadi bermanfaat dan salah satu atau lebih menjadi ikon kebanggaan,” ujarnya.

Pria yang akan berakhir masa tugasnya pada Bulan September 2023 ini mengaku bagi OPD yang telah berupaya keras dan melahirkan Inovasi akan selalu menjadi perhatiannya, baik berupa anggaran tambahan maupun reward akan diberikan, selain itu kepala OPD harus mendelegasikan tugas kepada jajarannya dan tetap mengawal hingga inovasi yang diciptakan itu dapat digunakan untuk meingkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Saya tidak segan memberikan ruang kepada OPD yang mampu melahirkan terobosan, dan saya akan membantu maksimal,” ujarnya.

Di tempat yang sama kepala BRIDA Kota Bima, Adhi Aqwam, ST, M.Eng, M.Sc, memaparkan berbagai kemajuan yang dicapai pemerintah Kota Bima dalam hal keikutsertaannya dalam penilaian indeks inovasi daerah, saat ini Kota Bima telah berada pada posisi Kota sangat inovatif dalam penilaian tersebut, hanya saja Kita perlu pemantapan untuk meraih lima besar dalam pencapaian 5 besar dalam penilaian tersebut. “Ini perlu Kita dorong para inovatornya untuk terus menginput agar peningkatan lebih baik, waktunya masih ada sekitar sepuluh hari, dan para pendamping BRIDA selalu siap membantu,” ujarnya.

Acara tersebut telah mengundang berbagai OPD di lingkup Pemkot Bima, termasuk para innovator di berbagai OPD untuk mendapat penjelasan secara rinci terkait IGA yang diikuti oleh Pemkot saat ini. (SekjenMDG)

Load disqus comments

0 comments