Manfaatkan Dana Desa 2023,Pemdes Jia Sape Prioritaskan Bangun Jalan Usaha Tani Warga


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Jum,at 08 Juni 2023 Melalui Dana Desa 40 % tahap I Ta.2023 Pemerintah Desa (Pemdes) Jia Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB  melakukan upaya peningkatan pembangunan infrastruktur desa, upaya yang dilakukan diantaranya melalui Pembangunan Jalan Usaha Tani yang dirangkaikan dengan pembangunan jalan Rabat Beton dan drainase pada bagian Tengah Badan Jalan.

Kegiatan ini berlokasi di Dusun Mubarakah RT.10/Rt.11 sepanjang 95 M  dengan kucuran Anggaran sebesar Rp.234.165.300 

Kepala Desa Jia (Sukri H.Mansyur) menyampaikan bahwa kegiatan Ini sebenarnya sudah lama di usulkan oleh masyarakat setempat kepada Pemerintah Desa akan tetapi beberapa tahun terakhir ini terkendala Covid-19 sehingga anggaran belum mencukupi,dan Alhamdulilah tahun 2023 ini bisa direalisasikan Usulan masyarakat tersebut.



Pembangunan jalan usaha tani ini bertujuan untuk memperlancar arus lalulintas para petani dalam mengolah lahan pertanian maupun mengangkut hasil panen sehingga dengan jalan yang bagus tentu nantinya dapat meningkatkan perekonomian, khususnya petani desa jia.

Dikatakannya,bahwa pembangunan jalan usaha tani ini menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dengan Pembangunan Rabat Beton jalan dan Drainase dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas jalan.

"Jalannya kita bangun, Drainase nya kita buatkan.karena keberadaan Drainase jalan yang terhubung dengan kawasan atau lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan air dan memperpanjang usia penggunaan jalan.pembangunan ini juga untuk penataan lingkungan agar terlihat rapi.dengan jalan dan Drainase yang bagus lingkungan juga akan terasa rapi.Terang Kades.

Selain itu, pembangunan jalan Rabat Beton dan drainase tersebut juga bertujuan untuk menunjang aktivitas perekonomian warga, aktivitas pertanian, pendidikan atau aktivitas warga sehari-hari.dengan sarana jalan yang layak kita harapkan dapat melancarkan aktivitas warga dan meningkatkan kesejahteraan warga desa Jia.

" Untuk pelaksanaan pembangunan tersebut dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Jia, Pembangunan telah mulai dikerjakan pada awal Juni 2023 dan nampak terlihat saat ini sudah selesai dilakukan pekerjaan galian tanah yang kemudian saat ini sedang dilakukan anyaman besi yang akan digunakan dalam pengecoran jalan dengan tujuan sebagai penguat atau Tulangan cor.



Pelaksanaan dilakukan secara swakelola,tenaga kerja diambil langsung dari warga setempat,hal ini sebagai bentuk pemberdayaan terhadap warga yang kurang mampu.

Semoga dengan adanya kegiatan Pembangunan jalan tani ini kedepannya selain bermanfaat bagi para petani khususnya juga dapat bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar umumnya.pungkasnya.

Pantauan awak media Kepala Desa Jia Bersama Sekdes dan 2 orang Pendamping Desa Kecamatan Sape Melakukan dan Monitoring langsung kegiatan yang dimaksud.

(Arf /MDG.04)

Load disqus comments

0 comments