Sukses Raih WBK, Imigrasi Bandara Soetta Masuki Pembangunan ZI Melalui Penilaian WBBM


Jakarta,- Media Dinamika Global,Id,- Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno-Hatta memasuki pembangunan Zona Integritas (ZI) melalui tahap akreditasi atau penilaian Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Sebelumnya pada 2021, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno-Hatta berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Inspektur Wilayah (Irwil) III, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Iwan Santoso mengatakan, kualitas pelayanan publik menjadi salah satu kunci sukses Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta dalam menghadapi pembangunan ZI.

"Imigrasi Soetta mendapatkan reward karena telah menjadi contoh bagi instansi lain, karena inovasi CCTV Face Recognition. Dan, aplikasi pusat data yang diinisiasikan, telah digunakan dan dikembangkan oleh Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi (Dirsistik) untuk kemudian akan dapat dipergunakan oleh satker-satker lainnya," ujar Iwan Santoso, Kamis (18/5/2023).

Iwan menambahkan, keberhasilan Imigrasi Soekarno-Hatta tidak luput dari keberhasilan sinergi antara satuan kerja (satker) dengan kantor wilayah yang mengampunya.

Pasalnya, Imigrasi Bandara Soetta dinilai telah berhasil merangkul satker dan mengarahkan untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Hingga saat ini, inovasi yang dilahirkan oleh Imigrasi Soekarno-Hatta sudah memiliki standar yang tinggi. Semoga inovasi yang sudah ada dapat semakin dikembangkan lagi, demi menghasilkan layanan publik yang lebih baik lagi," kata dia.

Menyikapi hal tersebut Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto menuturkan, inovasi yang modern dan canggih dapat membantu dalam mencegah atau memitigasi risiko terjadinya fraud atau pelanggaran dimasa yang akan datang.

"Kami senantiasa berkonsultasi dengan Bapak Kakanwil, untuk mendapatkan arahan. Dan, juga bimbingan langsung dari beliau, hasil yang kami dapatkan sampai saat ini tentunya tak luput dari jasa beliau," ujarnya.

Menurutnya, Tim Penilai Internal telah memberikan evaluasi dan masukan untuk kemudian menjadi perhatian dalam proses penilaian dengan Tim Penilai Nasional (TPN).

Tito pun menyampaikan ungkapan terimakasihnya, yang telah memacu motivasi Imigrasi Bandara Soetta untuk membuat inovasi yang baru, hingga menjadi role model bagi satuan kerja lainnya.

“Alhamdulillah evaluasi berjalan lancar, tidak banyak catatan, namun kami tetap harus segera lakukan perbaikan dan pemantapan menuju TPN nanti," katanya.

"Sekali lagi kami sangat berterima kasih atas respon positif serta masukan yang sangat berarti dari Tim Penilai Internal," terang Muhammad Tito Andrianto.(MDG 05).

Load disqus comments

0 comments