SDN 18 Dodu Bintangnya FLS2N 2023


KOTA BIMA,- Media Dinamika Global..- Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) Jenjang SD/MI Tingkat Kota Bima, yang mempertandingkan beberapa mata lomba seperti, Tari Kreasi, Pantomim dan Nyanyi Solo yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima selama satu hari full Kamis (04/05/2023) di Gedung Seni Budaya (GSB).

Untuk mata lomba pada Tari Kreasi SDN 18 Dodu mampu meraih juara satu (1), disusul SDN 29 Tanjung sebagai juara dua, SDN 5 Rabangodu Utara sebagai juara tiga, juara 4 yakni SDN 21 Tolomundu, juara 5 adalah SDN 56 Tolobali dan juara 6 adalah SDN 1 Melayu.

Alhamdulillah pada FLS2N Tahun 2023 ini siswi kami meraih juara satu, hal ini tidak lain ada jeri payah dari tangan dingin guru hebat selaku pembina, yakni Abdul Sabil, S. Pd dan Neneng Kurnia, S. Pd. "Latihan hanya waktu singkat dalam 1 Minggu saja latihan tari ini dan luar biasanya mampu menyaingi sekolah besar di Kota Bima ini," ujar Kepala SDN 18 Dodu Kota Bima Safrullah, S. Pd pada Tupa News Jum'at (05/05/2023).

Pak Safrullah yang biasa disapa Dae Afan ini menambahkan, para siswi hebat tersebut adalah sbb :

1. Dinda Raihan Kelas 5

2. Ismullah Nur Jaisinta Kelas 5

3. Naila Dwi Anggriani Kelas 5.

SDN 18 Dodu dan SDN 29 Tanjung dipercayakan menjadi duta Kota Bima pada FLS2N Tingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat.


Menurut Dae Afan, sekolah yang dipimpinnya saat ini memiliki motto 4 K (Kerja, Kerja, Kerja dan Kejar), Beta Meci Kalinu (Berani Tampil Meraih Cita Melalui Literasi dan Numerasi), tutup mantan bendahara BOS SDN 49 Rabangodu Selatan ini yang dilantik menjadi Kepala SDN 18 Dodu per 10 Juni 2022.

Berdasarkan pantauan media ini, FLS2N Tingkat SD/MI tersebut, pada Kamis (04/05/2023) dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dikpora Kota Bima Taufikurrahman, S. Pd., M. Ap. Dalam sambutannya, Taufik menegaskan kepada para peserta agar lomba Seni Siswa Nasional adalah sebagai wadah meningkatkan minat dan bakat peserta dan jangan bertujuan ingin mencari juara saja tetapi lebih dari itu peserta di latih agar memilki mental yang kuat, bisa berpenampilan yang baik, menjadi orang yang bisa berperilaku dengan nilai-nilai yang terkandung dari semua lomba agar nilai yang ada bisa di petik, lomba semacam ini bukan hanya ceremonial saja tapi lebih dari itu kita ingin mendapatkan Sumber daya manusia yang lebih baik ke depannya harap sekdis ini.

Sementara itu, Kabid Dikdas Muhammad Humaidi, M. Pd juga menambahkan bahwa tujuan dari digelarnya FLS2N adalah memberikan wadah apresiasi bagi peserta didik untuk mengekspresikan seni, mengembangkan kreativitas dan motivasi peserta didik sesuai dengan minat bakat, serta menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa, ujarnya.


Pad hari pertama Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD/MI ini memperlomba sebagai berikut :

1. Menyanyi Tunggal sebanyak 15 Sekolah

2. Tari sebanyak 21 sekolah

3. Gambar bercerita sebanyak 11 sekolah

4. Pantonim sebanyak 7 sekolah

5. Kriya Anyam sebanyak 4 sekolah

Sedangkan hari kedua Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di ikuti oleh peserta dari jenjang SMP/MTs Jum'at (05/05/2023) dengan rincian lomba sebagai berikut :

1. Tari Kreasi sebanyak 8 sekolah

2. Kreativitas Musik Daerah sebanyak 1 sekolah

3. Ensambel Musik 1 Gitar dan 1 alat musik lain

4. Menyanyi Solo sebanyak 8 sekolah

5. Illustrasi sebanyak 2 sekolah.

Selain sebagai ajang kompetisi, FL2SN juga menjadi platform untuk menjalin persahabatan dan kerjasama antara siswa-siswi dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi ini juga menjadi ajang pembelajaran bagi siswa-siswi dalam mengembangkan keterampilan seni mereka, memperluas wawasan budaya, dan meningkatkan rasa percaya diri tambah bu kasi kurikulum, tambahnya Humaidin. (MDG 05).

Load disqus comments

0 comments