Lomba Teknologi Tepat Guna TTG Tahun 2023


Bima NTB, Media Dinamika Global.id.– Dinas  mengadakan lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten/kota Bima NTB, pada hari ini, senin (22/5/2023). Lomba tersebut dibuka oleh BRIDA kota Bima. Kabupaten/kota bima.

Lomba TTG diikuti oleh peserta dari berbagai desa di Kabupaten/kota  Peserta lomba diminta untuk mempresentasikan teknologi tepat guna yang telah mereka kembangkan dan diimplementasikan di desa/kota mereka. Adapun teknologi yang diperbolehkan untuk dipresentasikan antara lain teknologi pertanian, teknologi perikanan, teknologi energi, dan teknologi pengolahan limbah.

Lomba TTG Tingkat Kota Bima NTB. juga menggandeng sejumlah Dewan Juri dari Dinas perikanan dan kelautan Kabupaten/kota Se NTB. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten  BAPPEDA-LITBANG Kabupaten/ kota bima. Kemudian Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten / kota yang ada di wilayah bima, Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten/ kota, LPPM dari unsur Inovator dari Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian kota/ Kabupaten Bima dan Dinas Komunikasi Informatika kota/ Kabupaten Bima Se NTB.

Adi akwam Kepala BRIDA kota Bima, dalam sambutannya mengungkapkan harapannya bahwa lomba TTG ini dapat memotivasi masyarakat di Kabupaten/ kota untuk mengembangkan teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga berharap bahwa hasil dari lomba ini dapat di implementasikan di desa-desa di Kabupaten/kota Bima, sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Para peserta lomba TTG juga mengungkapkan antusiasmenya dalam mengikuti lomba ini. Mereka menyatakan bahwa lomba ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan teknologi tepat guna yang telah mereka kembangkan dan di implementasikan di desa/kota  mereka.

Lomba TTG tingkat Kabupaten/kota Bima. ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan teknologi tepat guna kepada masyarakat di Kabupaten/kota Bima, Diharapkan, dengan adanya teknologi tepat guna yang diimplementasikan di kota bima, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pembangunan di Kota Bima.

Sebelumnya, DPMD telah membuka pendaftaran perlombaan TTG pada 24 Januari 2023 hingga 24 Februari 2023 lalu. Masa pendaftaran tersebut telah diikuti oleh sebanyak 22 peserta dengan mengusulkan berbagai produk inovasi dan teknologinya.

Kemudian pada sesi pemaparan, tiap-tiap peserta mendapatkan jatah waktu kurang lebih 30 menit untuk memaparkan inovasinya.

Menurut Kepala Bidang KPMD pelaksanaan ekspos atau pemaparan oleh peserta dilaksanakan dua hari, dengan pembagian 10 peserta pada hari pertama dan 12 peserta pada hari kedua.

“Dilaksanakan ekspose tiap 2 peserta yang akan berlangsung selama 2 hari,” ujarnya.

Seleksi Lomba Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tingkat Nasional 2023.

Posyantek Ampenan Kota Mataram Nusa Tenggara Barat mendapat jadwal untuk mempresentasikan karyanya hari ini 22 Mei 2023. TTG inovasi besok 23 Mei 2023 dan karya TTG unggulan bapak Israjunna di hari rabu tanggal 24 Mei 2023. Mohon doa dan dukungannya semoga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Israjunna menambahkan serta berharap, pada seleksi ini akan diambil 3 peserta dengan inovasi terbaik dan akan dikirim pada tingkat provinsi pada bulan juni mendatang serta berharap agar 3 peserta yang terbaik tersebut akan lolos hingga ke tingkat nasional.

“Kemudian dari seleksi peserta tersebut yang lolos akan dipilih 3 teratas dan akan di kirim ke tingkat provinsi pada bulan Juni mendatang, dan saya berharap nantinya akan ada yang bisa lolos hingga ke tingkat nasional,” ungkapnya.(Sekjend MDG).

Load disqus comments

0 comments