Pesan Tegas Jenderal Bintang Dua ke Kapolres dan Kapolsek Selama Musim Libur Lebaran


Jakarta - Media Dinamika Global.Id.- Seluruh jajaran Polres di wilayah Polda Metro Jaya diminta agar meningkatkan patroli lingkungan selama musim mudik Lebaran. Hal itu diperlukan untuk mencegah terjadinya aksi pencurian di rumah kosong yang ditinggal mudik oleh penghuninya.

"Saya berpesan kepada kapolres agar meningkatkan patroli rumsong yang ditinggalkan pemudik," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto saat meninjau arus mudik Lebaran di check point, Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Kamis (20/4/2023).

Selama musim mudik Lebaran, banyak rumah yang ditinggalkan penghuninya. Sehingga pada saat itu, muncul peluang atau celah bagi pelaku kejahatan untuk melakukan aksi pencurian di rumah kosong.

"Kita mencoba mengurangi, pasti ada kejadian, tetapi kami berusaha, bahkan kami memberikan penekanan kalau bisa dikurangi betul pencurian rumsong. Dengan demikian, pemudik yang meninggalkan rumah bisa aman," ungkapnya.

Karyoto juga meminta kepada jajaran Polres di wilayahnya agar mendata jumlah rumah kosong yang ditinggal mudik oleh penghuninya. Serta, memberikan langkah-langkah pencegahan dan pesan Kamtibmas kepada petugas keamanan.

"Kami Polda Metro Jaya memberikan langkah-langkah pencegahan, patroli, juga sambil melihat dan menyampaikan pesan Kamtibmas kepada satuan pengamanan internal di wilayah masing-masing," tuturnya.

Sementara untuk lingkungan perumahan yang tidak memiliki petugas keamanan internal, dia juga berpesan kepada jajarannya agar melakukan patroli.

"Kita bisa menanyakan juga berapa rumah yang ditinggalkan pemudik dalam keadaan kosong. Terlebih lagi, kalau perumahan yang tidak ada satpamnya ini yang betul-betul menjadi PR untuk petugas gabungan melakukan patroli," tuturnya.(Morex Bima 05).

Load disqus comments

0 comments