Kebakaran Lahan Di Dumai BPBD Riau


Dumai, Media Dinamika Global.id. - Kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai, Riau semakin meluas selama Hari Raya Idul Fitri 2023. Tercatat sampai pagi ini lebih dari 50 hektare lahan gambut terbakar di Kota Industri tersebut.

Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal mengatakan kebakaran lahan di Kota Dumai terjadi dari beberapa hari terakhir. Lahan terbakar yaitu di lahan-lahan tidur milik masyarakat.

"Kebakaran lahan di Dumai terjadi sebelum libur lebaran. Kebakaran di lahan tidur milik masyarakat di Kelurahan Pelitung, Medang Kampai," kata Edy, Senin (24/4/2023).

Khusus di Kota Dumai, lahan yang terbakar tercatat mencapai 50 hektare selama satu pekan terakhir. Bahkan sampai pagi ini api di belum bisa dipadamkan.

"Untuk libur ini saja ada 50 hektare lahan terbakar di Kota Dumai. Padahal personel pemadaman dari BPBD, TNI, Polri dan juga semua unsur sudah dikerahkan ada 300-an personel," kata Edy.

Resmi Gubernur Syamsuar Umumkan Riau Status Siaga Darurat Karhutla
Edy menyebut api sulit dipadamkan karena lokasinya berada dekat laut. Sehingga petugas harus berpacu dengan angin yang datang dari arah laut.

"Kesulitan pertama itu karena angin yang datang dari arah laut kencang. Petugas di lokasi harus berpacu dengan angin, akses juga sulit. Selain itu bahan baku juga ada banyak di lokasi," katanya.

Proses pemadaman sendiri dilakukan oleh tim gabungan sejak sebelum dan setelah lebaran. Bahkan usai salat Id petugas yang tergabung dalam Satgas Karhutla sudah di lokasi untuk pemadaman.

Meskipun api belum bisa dipadamkan pagi ini, Edy menyebut kondisinya sudah tak lagi membara. Mengingat petugas juga sudah membuat teknologi modifikasi cuaca atau TMC di beberapa lokasi.

"Kemarin teman-teman juga sudah bikin TMC dan berhasil hujan sekitar 30 menit. Jadi pagi ini api sudah berkurang, tetapi tetap dilakukan pemadaman maksimal," katanya.

Dalam catatan BPBD Riau, hingga 23 April sudah 369 hektare lahan terbakar di Riau. Kebakaran lahan terluas terjadi di wilayah Bengkalis seluas 156,83 hektare.

Selain Bengkalis ada Dumai dengan lahan terbakar seluas 80,67 hektare. Sisanya tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Riau.

Load disqus comments

0 comments