Kapendam XII/Tpr Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2023


Pontianak, Senin (17/4/2023). Media Dinamika Global.id. - Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., diwakili Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Ade Rizal Muharram menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2023 di Lapangan Jananuraga, Mapolda Kalimantan Barat.

Apel dipimpin Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. Dihadiri juga oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., Danlantamal XII/Pontianak, Laksma TNI Dr. Suharso, Danlanud Supadio, Marsma TNI Prasetiya Halim S.H., para pejabat utama Polda serta para tamu undangan lainnya.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji menyampaikan sambutan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Adapun tujuannya untuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2023.

"Kesiapan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stake holder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H," ujar H. Sutarmidji.

Lebih lanjut, Gubernur Kalbar juga menyampaikan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022 menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023, atau meningkat 44,8%.

"Oleh sebab itu Polri bersama stakeholder terkait komitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2023, selama 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10-16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi pada 2 Mei hingga 9 Mei 2023," ucapnya.

Sedangkan Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto saat memberikan keterangan mengatakan, rangkaian Operasi Ketupat ini disamping menggelar pasukan dan cara bertindak dalam operasi juga mengadakan kegiatan tambahan yaitu  Mudik Gratis Presisi Polda Kalbar. 

Kapolda mengungkapkan, Operasi Ketupat Kapuas 2023 oleh Polda Kalbar akan dilaksanakan oleh 3500 personel, terdiri dari Polri 1423, TNI 260 kemudian Dinas Perhubungan 179. Kemudian Pos yg akan didirikan 68 Pos Pos Pengamanan 43 Pos, Pos Pelayanan 17 Pos, Pos Terpadu ada 8 Pos,

"Daerah operasi akan dilaksanakan di 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalbar. Kemudian pelaksanaan operasi akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung dari 18 April sampai dengan 2 Mei 2023," kata Kapolda Kalbar. 

Usai kegiatan apel gelar pasukan, Polda Kalbar melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka bulan suci Ramadhan 1444 H. Bakti sosial pemberian paket sembako kepada masyarakat dilepas langsung Kapolda Irjen Pol Pipit Rismanto. Penyaluran bantuan dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas dan Babinsa. (Pendam XII/Tpr)

Load disqus comments

0 comments