Gandeng OJK dan IJK, Kadisperin Bahas NTB HIP dan SIMANIS


Mataram, Media Dinamika Global.Id._ Dinas Perindag Provinsi NTB menggandeng OJK dan BEI, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB bersama Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Industri serta tim melakukan rapat koordinasi dan sinergi program/kegiatan dalam rangka memberikan dukungan khususnya terkait dengan inovasi kegiatan Dinas Perindustrian NTB yaitu NTB HIP dan pengembangan SIMANIS. Dalam hal ini dihadiri Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB, Rico Rinaldy dan Industri Jasa Keuangan (IJK) dalam hal ini Head Of Representative Office Bursa Efek Indonesia Gusti Bagus Ngurah Putra Sandiana.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas memaparkan dengan inovasi program/kegiatan Dinas Perindustrian Provinsi NTB diantaranya adalah Rencana Pembangunan NTB Halal Industrial Park (HIP) dan Sosialisasi Aplikasi SIMANIS. 

Kadisperin menjelaskan bahwa NTB HIP merupakan suatu wadah pemusatan kegiatan industri serta ekosistemnya yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang serta kemudahan aksesibilitas transportasi yang berwawasan lingkungan serta terjamin halal dalam semua tahapan prosesnya.

"Progres pembangunan NTB HIP saat ini sudah sampai tahap AMDAL pembebasan lahan dan sudah memiliki regulasi terkait road mapnya," ucap Nuryanti.

Nuryanti juga mengungkapkan dukungan OJK dan lembaga keuangan lainnya sangat diperlukan sehingga realisasi dari pemusatan industri dapat segera terealisasikan dan mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. 

Menanggapi hal tersebut Kepala OJK memberikan saran untuk melakukan pendalaman terkait sumberdaya baik bahan baku dan teknologi serta SDM yg akan mengisi NTB HIP nantinya. Dikhawatirkan ketika tidak ada persiapan dari IKM yang ada, maka NTB HIP tidak berjalan optimal.

"Kekuatan IKM juga penting untuk difikirkan dengan cara mengkontrol lebih awal terkait SDM, bahan baku, hingga pasar yang dibutuhkan karena NTB HIP ini merupakan industri besar, perlu juga kita berdiskusi dengan stakeholder terkait," tuturnya. 

Untuk mendukung NTB HIP, Head Of Representative Office Bursa Efek Indonesia Gusti Bagus Ngurah Putra Sandiana dalam waktu dekat akan mengadakan pelatihan bagi para IKM di NTB sebagai persiapan untuk menjadi pelaku di NTB HIP.

"Kalau dari kami berinisiatif bersama tim Disperin akan membuat program mendukung IKM naik kelas, disamping Disperin sendiri sudah memiliki iDoors untuk pembinaannya," tutupnya. 

Selain itu Nuryanti juga menyampaikan kepada OJK dan BEI terkait dengan aplikasi SIMANIS yang akan disosialisasikan kembali kepada IKM menjadi sistem informasi industri yang bertujuan untuk merangkum data pelaku industri di NTB yang diharapkan mampu untuk memberikan informasi kepada semua pihak. SIMANIS juga sebagai aksesibilitas kepada pelaku Industri Kecil Menengah di NTB untuk kemudahan akses pembiayaan dari lembaga perbankan dan keuangan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan pengembangan IKM di NTB untuk dapat naik kelas kedepannya. (Surya Ghempar).

Load disqus comments

0 comments