Kadis Damkar Kab. Bima Intens Buat Inovasi Tanggulangi Kebakaran Dengan Padamkan Api Ala Emak-emak


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id. - Kadis Damkar Kab Bima Intens Buat Inovasi Tanggulangi Kebakaran Dengan Padamkan Api Ala Emak-emak atau MADAM. Inovasi ini merupakan bagian dari Tesisnya saat mengikuti Panel yang dilakukan oleh Pemerintah Kab.Bima beberapa Bulan yang lalu. Kini Inovasi tersebut akan diterapkan, dimulai dari adanya Koordinasi dan Rapat Kerja yang akan berlangsung di Kantor PKK beberapa hari lagi.

Ditemui langsung oleh Awak Media ini di dalam Ruang Kerjanya sekitar pukul 11.00 Wita pada Selasa, 31 Januari 2023. Dalam pertemuan itu Nampak Hadir salah Kabid Damkar yang juga merupakan Putra Asli Soromandi. Keduanya menjelaskan bagaimana Progresnya kedepan dalam rangka Memanifestasi sekaligus membuat Inovasi berdasarkan hasil Tesis yang disampaikan saat berlangsungnya uji Kelayakan di Kantor Pemkab.Bima beberapa Bulan yang lalu.

Kepala Dinas Damkar Kab Bima A. Rifai,ST dalam kesempatan itu menjelaskan bagaimana hasil dari Ujian tersebut diaplikasikan dan atau diterapkan kepada Masyarakat terutama kepada Emak-emak atau yang di singkat MADAM dalam rangka Penanggulangan Kebakaran baik di dalam Rumah maupun di Luar Rumah oleh Kaum ibu atau Emak-emak.

Banyak hal yang harus diketahui dalam rangka menanggulangi Kebakaran sejak dini, sebab Kebakaran ini adalah salah satu bencana Sosial yang dapat mengancam keselamatan Jiwa, harta Benda yang dimiliki oleh Masyarakat. Juga kita mengetahui apa sebabnya Kebakaran itu terjadi diantaranya adalah Kelalaian kita yang menggunakan Api terutama yang secara kontinu seperti Masak Memasak,Alat Listrik, dan Membakar Sampah.

Selain itu, kecelakaan atau Rusaknya Teknologi sebagai akibat Penggunaan Peralatan Elektronik dan Pemakaian Rumah Tangga yang tidak memperhatikan keamanan dan keselamatan. Ujarnya

Lanjutnya, lalu apa yang harus dilakukan oleh Emak-emak ini dalam rangka Penanggulangan Kebakaran di Rumahnya didalam maupun diluar, maka langkahnya adalah dalam hal Pemberdayaan Masyarakat ala Emak-emak atau MADAM dalam Gerakan Memadamkan Api di Tingkat Desa. Pemadaman Api Ala Emak-emak ditingkat Desa yang harus disediakan yaitu Jantungan sebagai Alarm dan Informasi Kebakaran, kemudian Sumber air yang dapat digunakan oleh Emak-emak MADAM dan Masyarakat untuk Memadamkan Api.

Juga setiap Rumah kita harus Menyediakan air/gentong atau Bak Air didepan Rumah sebagai Cadangan Air untuk Pemadaman Api ataupun Keperluan lainnya serta Alat Pemadam Api Ringan ( APAR ). Alat ini berupa Tabung yang dapat digunakan untuk Memadamkan Api dan dengan mudah dioperasionalkan oleh kita semuannya.

Dan yang terakhir apakah ada Regulasinya atau tidak dalam rangka rencana terbentuknya Relawan Pemadam Kebakaran ini, maka jawabannya adalah ada. Hal ini tertuang dalam Peraturan menteri dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2018, tentang standar Teknis Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal(SPM) Sub Urusan Kebakaran Daerah Kab/Kota. Dengan Dasar Hukum inilah ,maka kami Pemerintah Daerah Kab.Bima memiliki Kewenangan untuk Mengurus Berkaitan dengan Pelayanan Dasar,salah satunya adalah Ketentraman,ketertiban umum dan Perlindungan Masyarakat.

Harapannya adalah dalam rangka menanggulangi Kebakaran ini, tentunya yang Peran Serta adalah kebanyakan dari emak-emak, sebab emak-emak ini dalam 1×24 jam mereka dihadapkan dengan nyalanya Api, baik saat memasak ataupun saat lainnya. Untuk itu jangan lupa resepnya sebagaimana kami sebutkan diatas tadi. Harapnya. (MDG 24).
Load disqus comments

0 comments