KOIN NTB dan Dinas Perindustrian Petakan IKM Naik Kelas

 


Mataram, Media Dinamika Global.Id. __
 Awal tahun Komunitas Industri 4.0 atau yang disingkat KOIN NTB bersama Dinas Perindustrian NTB melakukan Pemetaan terhadap IKM Binaan pada hari Kamis, (12/1) yang dilakukan di Aula Kantor Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Hal ini dimaksudkan langkah awal dalam mengawal terwujudnya ekosistem Industri yang lebih baik. KOIN NTB dan Disperin NTB memulai dengan melakukan pemetaan bagi Industri kecil menengah yang sudah berjalan baik di awal tahun 2023 ini.


Dalam acara tersebut hadir sekitar 38 IKM dari berbagai macam jenis Industri dan sebagai data awal KOIN NTB dengan tim Dinas Perindustrian melakukan pendataan dan interview lebih dalam terkait Industri yang digeluti oleh tim interviewer. Hal ini sebagai data awal memetakan arah IKM kedepan dan terdaftar sebagai binaan KOIN kedepannya. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB diwakili oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Industri  L. Luthfi, ST., M.Si., untuk membuka acara secara resmi. Beliau menyampaikan bahwa pemetaan ini dilakukan untuk akselerasi Industri Kecil menengah agar bisa menjadi Industri lebih besar. 

"Kita lakukan pendataan agar bisa mengakselerasi IKM agar menjadi IKM naik kelas. Sehingga dari sisi produksi bisa lebih besar dan pemasaran juga," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE., ME., pada (18/01) menyampaikan bahwa nanti kedepannya IKM ini akan terus mendapatkan bimbingan sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan. 

"Nanti akan dibagi sesuai dengan clusternya untuk pembinaan dan pembinaan sistematis lebih lanjut dalam sebuah program yang dinamakan Idoors. Pembinaannya mulai dari kategori akselerasi start up, akselerasi bisnis, hingga ECF. Sehingga terciptanya ekosistem industrialisasi yang kita harapkan," ungkapnya. 

Selain pendataan dan interview dilakukan KOIN NTB, tim Dinas Perindustrian juga melakukan pendaftaran SIMANIS (Sistem Informasi Manajemen Industri) bagi IKM yang belum terdaftar. Harapannya Sistem pendataan ini menjadi data real untuk mengetahui lebih detail terkait Industri yang ada di NTB kedepannya.

Untuk diketahui, KOIN NTB merupakan base comunity dibawah Dinas Perindustrian yang kini menjadi mitra untuk menggaungka  industrialisasi dikalangan milenial guna membangun iklim dan eksosistem industri yg sistematis dan kompherensif. KOIN NTB telah di lauching oleh Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah pada bulan Desember akhir tahun 2022 kemarin. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar