RPIK Kota Mataram Segera Rampung, Kadisperin Apresiasi Disperkop UKM


Mataram, Media Dinamika Global.Id.--
Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti, SE., ME. mengapresiasi Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota (RPIK) Kota Mataram yang sudah dalam tahap akhir penyusunan. Hal ini disampaikannya saat menerima Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, S. Pd., MM., beserta tim dalam rangka Koordinasi Lanjutan Penyusunan RPIK Kota Mataram yang bertempat di Aula Dinas Perindustrian NTB, Rabu (07/12/2022). 


Lebih lanjut, Nuryanti menyampaikan bahwa RPIK Kota Mataram yang nantinya akan menjadi pedoman dalam pembangunan Industri selama 20 tahun kedepan, dapat menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lainnya di NTB sebagai acuan dalam menyusun Rencana Pembangunan Industri Kabupaten/Kota.

"Terimakasih Pak Kadis dan Tim, Alhamdulillah akhirnya RPIK bisa rampung. Semoga nanti Kota Mataram bisa menjadi contoh dan mendampingi Kabupaten/Kota lainnya untuk menyusun RPIK," tuturnya. 


Menurut Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Mataram, Lalu Fatwir Uzali, Industri di Kota Mataram butuh gambaran yang jelas, sehingga RPIK ini dipandang sangat membantu pembangunan Industri agar hasilnya tidak gamang. 

"RPIK ini segera kami rampungkan agar kami memiliki pedoman, sehingga industrialisasi yang kami lakukan dapat terarah, terukur dan terukir," ungkapnya. 

Lalu Fatwir Uzali juga menyampaikan bahwa dalam RPIK ini telah mencakup industri unggulan yang dipetakan dari potensi setiap Kelurahan dan Kecamatan yang ada di Kota Mataram, serta telah diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) dan Rencana Pembangunan Industri Nasional (RIPIN). Terutama dalam 5 tahun pertama gaung yang akan disebarluaskan adalah Mataram Kota Kuliner, sebagai tindaklanjut dari Roadshow Industrialisasi beberapa waktu lalu. 

Langkah selanjutnya, Disperin Provinsi memberikan surat rekomendasi sebagai dasar pembahasan di Komisi II DPRD Kota Mataram dan di tetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Kota Mataram tentang Rencana Pembangunan Industri Kota Mataram Tahun 2022 - 2042. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar