Kilas Balik Capaian Organisasi SPI tahun 2022


Pekanbaru, Riau. Media Dinamika Global. Id- Menjelang akhir tahun 2022, Organisasi Solidaritas Pers Indonesia (SPI) mengeluarkan release capaian perjalanan SPI pada tahun 2022.

Dalam release tersebut,  Sekretaris Umum (Sekum) Dewan Pimpinan Pusat SPI (DPP SPI). Wesly H Sihombing menguraikan kegiatan yang telah dilaksanakan jajaran Pengurus SPI baik di tingkat DPP, DPW maupun DPD. 

Pertengahan bulan Januari 2022 DPP SPI mengadakan ucapan syukur dengan menggelar HUT SPI ke - I secara Nasional. 

" Usai HUT tersebut, DPP SPI bekomitmen untuk mengembangkan SPI di seluruh Indonesia.  Untuk mencapai hal tersebut, DPP SPI mengevaluasi kinerja Pengurus di tingkat pusat," kata Wesly dalam release yang diterima Awak Media Parnerts SPI, jumat (30/12/2022).

Lanjutnya, alhasil, tidak berapa lama terbentuk DPW Prov. Lampung dan beberapa DPD se-Provinsi Lampung. Begitu juga dengan DPW Kalbar. Hingga akhir tahun 2022, dalam 2 tahun ini SPI telah membentuk 20 DPW (Provinsi), ini belum termasuk SK Mandat untuk membentuk DPW.

"Kalau dihitung secara keseluruhan ada sekitar 20 penambahan wilayah baik tingkat DPW maupun DPD di tahun 2022 ini," tuturnya. 

Selain mengembangkan sayap Organisasi SPI, jajaran DPP juga bertekad untuk mengembangkan kualitas anggotanya dalam melaksanakan tugas Jurnalistiknya di lapangan. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia. Hingga saat ini TUK SPI satu-satunya TUK di Provinsi Riau untuk bidang Jurnalis dan terdata di website Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Keberadaan TUK yang dimiliki SPI diimplementasikan dengan mengadakan Pra SKW baik di DPP maupun dj DPD, seperti di DPD SPI kabupaten Bengakalis. Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) berlisensi BNSP pertama di Provinsi Riau. Sebanyak 15 orang Asesi (Peserta) dari Skema Wartawan Muda Reporter, Madya maupun Utama mengikuti kegiatan tersebut pada bulan Juli 2022 lalu. 

"Bulan September 2022,  usai melaksanakan pelantikan Pengurus DPW SPI Prov. Sumatera Utara, kita juga melakukan SKW dengan Skema Madya yang langsung diasesment oleh Asesor (Penguji) bersertifikat BNSP," tutur Wesly. 

Disamping kegiatan internal, Wesly juga menjelaskan, baik tingkat DPP, DPW maupun dpd di wilayah masing-masing melakukan audiensi dengan Instansi Pemerintah, TNI/Polri maupun Stakeholder lainnya. 

Untuk kegiatan Sosial, jajaran Pengurus di seluruh Indonesia secara berkala tetap melakukan. Salah satu contoh, baru-baru ini DPD SPI Kota Metro, Lampung terlibat aktif bersama Organisasi Pers yang lain dalam mengumpulkan bantuan untuk bencana gempa di Cianjur. 

Diakhir releasenya, Wesly mengungkapkan,  pada tanggal 18 -19 Januari 2023, akan diadakan HUT SPI KE-II,  Rapat Pimpinan Nasional ke-ii dan Pelatihan Jurnalistik dengan tema "Menulis berita yang baik dan benar" yang dipandu langsung oleh Asesor bersertifikat BNSP.    (**).

Sumber : DPP SPI

Load disqus comments

0 komentar