Tingkatkan Elektabilitas Kepala Sekolah dan Operator, Dinas Dikbudpora Gelar Pertemuan 3 Hari.


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global-id. Dalam meningkatkan proses pengelolaan administrasi Dana BOS dengan berpegangan pada prinsip akuntabilitas, transparan, dan berorientasi pada aspek kebutuhan demi terlaksananya pendidikan serta mutu pendidikan yang baik. Dikbudpora gelar sosialisasi tata Kelola Dana BOS. Kamis, (24/11/22)

Kegiatan bertempat di Aula PGRI Kecamatan Woha Kabupaten Bima selama tiga hari yakni mulai tanggal 22-24 November 2022, dengan dihadiri oleh kepala sekolah bersama operator sekolahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid Dikdas Khusnul khatimah, S.fil, Seluruh Pengawas, serta Kepala Sekolah bersama Operatornya.

Nampak terlihat serius Kepala SMP Negeri 1 Woha Nazmuddin, S.Pd dengan Kepala SMP Negeri 2 Woha Muslim, S.Pd. M.Pd.

Pada kegiatan yang di hendel Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) yang mempunyai tugas melaksanakan perumusan kebijakan teknis, penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan memberikan penguatan tentang bagaimana tata kelola Penggunaan Dana Bos serta Rapor Mutu agar tidak keluar dari pada jalurnya.

Serta bagaimana melakukan pembenahan terhadap kekurangan yang terjadi selama ini, apabila terjadi kekurangan atau minimnya pemahaman tentang proses maupun cara pembuatan RKAS, pihak sekolah segera konsultasi dengan pihak dinas, terutama kepada Kasi Sarpras.

Selain itu, kegiatan tersebut membahas tentang bagaimana melaksanakan Rapor Mutu, dalam hal ini pihak Dinas menekankan agar tiap-tiap Sekolah mengapload, setelah itu dibaca agar memahami kekurangan serta kelemahannya, sehingga dapat dipahami apa penyebabnya. Termasuk bagaimana pemanfaatan Rapor Mutu kaitannya dengan literasi maupun Numerasi.

Kepala SMP Negeri 1 Woha Nazmuddin, S.Pd dalam hal ini ini menjelaskan, kegiatan ini harus terus dilakukan dan terus ditingkatkan, akan tetapi kegiatan itu menurutnya, akan lebih tepat bila dilakukan pada tiap-tiap Kecamatan, supaya kegiatan tersebut tidak begitu rame, sehingga materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik. Katanya.

Dikatakannya lagi, pembahasan seperti harus digelar dalam bentuk Bimtek, dan tidak menggabungkan banyak materi dalam satu pertemuan, karena ada materi esensial yang harus dipahami oleh Kepala Sekolah maupun operator didalamnya, sehingga mudah dipahami dan dapat dilaksanakan. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar