Deklarasi Tiga Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Walikota Ucap Terimakasih.


Kota Bima. Media Dinamika Global-id. Pemerintah Kota Bima mendeklarasikan penuntasan pilar 1, 2, dan 3 Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan peringatan hari kesehatan nasional ke-58 Kota Bima Tahun 2022 bertempat di Gedung Seni Budaya, Selasa (29/11/22).

Kegiatan deklarasi tersebut turut dihadiri oleh Asisten III Setda Provinsi NTB, Wali Kota Bima, Forkopimda Kota Bima, Ketua Pokja PPAS Provinsi NTB, Ketua Pokja PKP Kota Bima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Kepala Puskesmas Kota Bima, Camat dan Lurah se-Kota Bima.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebagai upaya dalam menumbuhkan kemandirian masyarakat sesuai Permenkes No. 3 Tahun 2014 untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat yang meliputi lima pilar yakni, Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PSRT) dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLCRT).

Laporan Kepala Bappeda Litbang sekaligus sebagai Ketua Pokja PKP Kota Bima, Drs. Muhammad Fakhrunraji, ME mengatakan deklarasi ini dilakukan berdasarkan hasil verifikasi yang dilaksanakan oleh Pokja PPAS Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk Kota Bima atas capaian dengan predikat baik dalam melaksanakan tiga pilar STBM pada tanggal 15 September 2022.

Adapun tiga pilar yang telah dituntaskan Kota Bima antara lain Stop BAB Sembarangan (SBABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Pengelolaan Air Minum Makanan Rumah Tangga (PAMMRT).

Wali Kota Bima, H. Muhammad Lutfi mengungkapkan, kesehatan masyarakat sangat erat kaitannya dengan perilaku dan lingkungan sekitar, apabila kondisinya buruk maka akan berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan masyarakat terutama kesehatan.

“Jika sanitasi kita buruk, maka akan berdampak pada lingkungan sekitar,” ungkap Wali Kota.

Selain itu Wali Kota Bima menekankan agar masyarakat bisa tetap menerapkan hidup bersih dan sehat dengan harapan agar masyarakat Stop Buang Air Besar sembarangan.

"Saya tekankan agar setiap rumah memiliki WC masing-masing," harapnya.

Wali Kota Bima menambahkan, keberhasilan program STBM tidak saja merupakan kerja pemerintah Semata, tetapi juga bagian dari partisipasi dan peran aktif seluruh elemen masyarakat dan mitra pembangunan yang saling bersinergi dalam membangun kemandirian masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. 

”Terimakasih kepada tim Sanitasi sehingga meraih 3 pilar berbasis lingkungan,” ucap Wali Kota Bima.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota Bima menyampaikan harapan agar tetap saling bersinergi untuk Kota Bima yang lebih baik. 

"Mudah-mudahan tahun depan Kota Bima bisa melanjutkan untuk penuntasan pilar 4 dan 59," tutupnya.

Deklarasi 3 pilar STBM dirangkaikan dengan penyerahan piagam 3 pilar STBM oleh Asisten III Setda Provinsi NTB kepada Wali Kota Bima dan penandatanganan komitmen deklarasi 3 pilar STBM bersama Wali Kota Bima, Asisten III dan peserta. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar