DPMDes Lakukan Kegiatan Pembinaan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa se-Kab. Bima


Bima NTB. Media Dinamika Global. Id. - Kegiatan Pembinaan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa se-Kabupaten Bima. Kegiatan dimulai sejak pukul 08.30 Wita sampai selesai, Hadir Perangkat Desa yang terdiri dari Desa juga di hadiri oleh Kepala Dinas dan Jajarannya. Kegiatan ini berlansung di aula DPMDes Kab.Bima, dan Rencana dua hari dan hari ini adalah hari Terakhir. Senin, 21/11/2022

Berdasarkan hasil pantauan Media ini, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala DPMDes, Kabid,dan Kasi Jajaran Dinas terkait, para Perangkat Desa yang ada se-Kabupaten Bima serta Panitia itu sendiri serta stakeholder lainnya.

Kadis DPMDes Kab.Bima dalam Sambutannya mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh kami dan Perangkat Desa hari ini adalah agar para Perangkat Desa lebih meningkatkan lagi dalam melakukan Tugas Fungsinya di Desa.

Dengan adanya pergeseran waktu ini,tentunya tetap ada Pergeseran aturan sehingga setiap ada Pergeseran itu,wajib kami sampaikan kepada setiap Desa se-Kabupaten Bima baik mulai dari masalah yang paling kecil hingga pada masalah yang besar.

Intinya dengan kehadiran dari Para Perangkat Desa ini,akan menambah takrawala berpikir dalam rangka meningkat Mutu,Kapasitas dalam menjalankan Tupoksinya di Masyarakat. Terkadang banyak Perangkat Desa yang tidak mengetahui tentang Tugas,Fungsinya sendiri sehingga hal ini kami harus mengantisipasinya agar kemudian dapat diatasi secara maksimal terutama Pelayanan terhadap Masyarakat di Masing-masing Desa. Ungkapnya

Lanjutnya, kami menitipkan pesan dengan adanya kegiatan ini, akan menambah hazanah berpikir kreatif dalam meningkatkan Mutu dan Kapasitas Perangkat Desa yang Good Governance dan Clean Government.

Dan harapannya adalah mari Bekerja sesuai dengan Tupoksi dan Amanat Undang-undang Dasar 1945,sehingga semuanya nanti berjalan sesuai dengan harapan. Demikian juga terhadap kegiatan ini,setelah pulang ini lakukan Sosialisasi kepada Masyarakat baik di tempat khusus maupun tempat umum. Harapnya.

Hal senada disampaikan oleh Salah satu Pegawai DPMDes Bapak Herman yang sebetulnya enggan memberikan Keterangan terkait dengan Kegiatan ini, karena yang punya Tugas ini adalah Kabidnya. Setelah lama berbicara Beliau akhirnya memberikan Keterangan seputar Kegiatan yang dilakukan oleh DPMDes dalam rangka meningkatkan Kapasitas Perangkat Desa se-kabupaten Bima.

Dalam keterangannya beliau mengatakan bahwa Kegiatan ini sudah berjalan selama Dua Hari yaitu dimulai hari Jumat kemarin dan hari Senin ini. Kegiatan ini bertemakan " Pembinaan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa se-Kabupaten Bima ".

Dari 191 Desa yang hadir sekitar 90 %, sebab selama ini masih saja ada masalah yang dihadapi di Masyarakat Masing-masing Desa, misalnya adanya Perubahan aturan yang harus dilakukan sosialisasi dan dianggap Urgensi.

Dapat juga disampaikan bahwa Peraturan ini terkadang 5 Tahun sekali,ada yang berubah sehingga setiap aturan tersebut wajib untuk disosialisasikan kepada Desa. Misalnya kepada Para Perangkat Desa yang baru di Lantik, ini yang paling penting untuk mengikuti Kegiatan ini.

Dengan adanya Kegiatan akan mengasah kemampuanya untuk bagaimana mengamalkan sesuai dengan Tugas,Fungsinya di Wilayah Desanya. Ujarnya.

Sementara itu, salah satu Kepala Urusan (Kaur) Yang berhasil di wawancarai oleh Media ini Bapak Harsan Abdullah yang merupakan Kaur Kesra Desa Wawo menuturkan bahwa kegiatan ini sangat terbantu sekali, sebab meski kami sudah melakukan di Desa tetapi masih saja ada kekurangannya.


Misalnya ada Beberapa Tugas, Fungsi yang kami lakukan pada hari ini masih banyak yang belum lengkap, sehingga kami melihat ini adalah sebuah kebutuhan yang harus kami lakukan dalam rangka meningkatkan Kapasitas kinerja dan Tugas serta Tanggung jawab dalam melayani.

Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Kabupaten Bima NTB, terutama kepada DPMDes Kab.Bima yang telah mengadakan Kegiatan ini sehingga dalam menjalankan Tugas ini bisa terus diingat meski sudah melakukannya di Masing-masing Desa sendiri. Ungkapnya.(Om Prem MDG).
Load disqus comments

0 comments