Sosialisasi, Talkshow dan Pameran dalam Upaya mendorong Penetrasi Pasar Lampu LED Dalam Negeri di Indonesia


Mataram, Media Dinamika Global.Id.__
Kegiatan Sosialisasi, Talkshow dan Pameran ini diselenggarakan oleh Direktorat Konservasi Energi Kementerian ESDM bersama Dinas ESDM NTB berlokasi di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB Kegiatan ini melibatkan 10 brand perusahaan-perusahaan Indonesia produsen berbagai jenis lampu LED, seperti Hori, Chiyodan, Keibu, Ekonomat, Solarens, Santini, FIL, KES, dan JEE. Berbagai kalangan masyarakat dilibatkan sebagai peserta kegiatan ini, mulai dari organisasi masyarakat, ibu rumah tangga, hingga mahasiswa.

Kepala Dinas Perindustrian NTB (Nuryanti) menjadi salah satu narasumber dalam talkshow ini bersama dengan narasumber lainnya yang berasal dari Direktorat Konservasi Energi Kementerian ESDM, dan asosiasi perusahaan produsen lampu LED, seperti Alindo, Aperlindo, dan Gamatrindo.

Tujuan dari kegiatan Sosialisasi ini yaitu untuk mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya menghemat energi dan menggunakan energi terbarukan salah satunya dengan penggunaan lampu LED sebagai penerangan untuk rumah tangga, industri, maupun fasilitas-fasilitas lain seperti penerangan jalan.

Untuk mencapai hal ini perlu adanya peran pemerintah dalam hal regulasi, Direktorat Konservasi Energi Kementerian ESDM mensosialisasikan tentang Standar Kinerja Minimum (SKEM) dan Labelisasi pada perlatan pemanfaatan energi salah satunya lampu LED dengan tujuan melindungi dan memberikan informasi kepada konsumen dalam pemilihan peralatan rumah tangga yang hemat dan mencegah adanya produk yang tidak efisien.

"Pemberian label itu bukti dari pemerintah peduli kepada masyarakat sebagai konsumen untuk memastikan produk tersebut sudah teruji" Tutur Supriyadi Direktorat Konservasi Energi Kementerian ESDM. 

Labelisasi yang diberikan pada peralatan berupa jumlah bintang dari 1 sampai 5 berdasarkan tingkat kehematan energi yang dikonsumsi dan kinerja yang dihasilkan.

Sebagai bentuk sambutan yang baik, Dinas Perindustrian NTB akan membuat program kerjasama antara IKM di NTB dengan salah satu perusahaan yang bersedia untuk menjalin kerjasama agar NTB bisa memproduksi dan memiliki produk lampu LED sendiri.

"Disperin menyambut baik gaung dari ESDM yaitu kami akan maklon IKM kecil bekerjasama dari salah satu perusahaan yang hadir disini, sehingga bisa mendapat bahan baku dengan kepastian harga dan kuantitas, dan nantinya NTB bisa memiliki brand lampu LED sendiri baik lampu rumah, lampu jalan, dan lain-lain," ngkap Nuryanti.

"Dengan adanya rantai pasok dari perusahaan besar, bisa berbaik hati  untuk maklon sehingga NTB bisa membuat brand sendiri dan lebih murah biaya produksi," tutup Nuryanti. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar