Rapat Konsolidasi NTB Satu Data, Tingkatkan Kualitas Data Sektoral 2022


Mataram, Media Dinamika Global.Id.__
Staff Bidang Sarana, Prasarana & Pemberdayaan Industri, Imaroh Mufidah Isya, S. Si., menghadiri Rapat Konsolidasi NTB Satu Data dalam Rangka Akselarasi Capaian dan Meningkatkan Kualitas Data Sektoral Tahun 2022 bersama seluruh admin pengentri data sektoral perangkat daerah yang diadakan oleh Dinas Komunikasi Informasi & Statistik, bertempat di Meeting Room Nirwana Waterpark (18/10).


Sekretaris Dinas Informatika & Statistika NTB, H. Erni Suryani, S.Sos membuka kegiatan Konsolidasi NTB Satu Data dengan menyampaikan harapannya terkait evaluasi progres capaian Persemester.

“Kami tentu harapkan bagaimana terevaluasinya progres capaian semester pertama, dan semester kedua di akhir tahun 2022 bulan Desember tercapai melalui kegiatan ini,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan :
Meningkatnya presentase data sektoral terintegrasi tahun 2022 pada NTB Satu Data.

Terdatanya pra usulan kebutuhan data sektoral TA 2023 yang akan datang. Tersusunnya meta data statistik di tahun 2022.

Upaya yang sudah dilakukan Diskominfotik Prov NTB tahun 2021, Bidang Statistik telah berupaya mempublikasikan data sektoral pada tahun berjalan. Bidang Statistik dengan bantuan BPS Prov NTB sebagai wali data juga telah menyusun 58 meta data kegiatan.

“Kami berharap kepada pengentri data sektoral perangkat daerah, nemegang peran di OPD terkait untuk meningkatkan capaian dan meningkatkan koordinasi dengan semua pihak/multi stakholder penyelenggara NTB satu data,” ungkapnya lagi.

Turut hadir Bapak Najib,SH,yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Statistik yang ikut mengawal terkait kebijakan NTB Satu Data. Beliau mengatakan, setelah kegiatan ini akan diadakan acara diseminasi, yaitu kegiatan dimana akan mengekspose dan mempublikasikan portal NTB Satu Data kepada Bapak Gubernur dan Ibu Wagub serta stakholder yang terkait.

“Sebelum Diseminasi, tolong progresnya dipercepat dengan dibantu oleh stakholder terkait, sehingga pada saat Gubernur dan Wakil Gubernur melihat ekspose terkait portal kita, prosesnya sudah berprogres, walapaun belum sempurna, minimal progres memgarah ke data yang berkualitas sudah terlihat,” ungkapnya.

Narasumber pada kegiatan ini diantaranya dari BPS Provinsi NTB I Putu Dyatmika dan Lalu Yuriade Maulana,S.ST.ME (BPS Prov. NTB), serta Sekretaris Bappeda Provinsi NTB, Dr. Mahjulan. MP. Adapun BPS Prov NTB sebagai wali data, Bapeda Selaku koordinator forum data & OPD lingkup pemerintahan selaku penghasil/produsen data. (MDG.01).
Load disqus comments

0 comments