Pacuan Kuda Tradisional Piala Wali Kota Bima Tahun 2022, Resmi Dibuka.


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Pembukaan Pacuan Kuda Tradisional Piala Walikota Bima Cup Tahun 2022 bertempat di Arena Pacuan Kuda Desa Panda Minggu, Dihadiri oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Prof. DR. H. Anwar Usman, SH, MH bersama Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML). Minggu, (02/10/22)

Dalam Kesempatan itu, Walikota HML didampingi Sekretaris Daerah Kota Bima, para Staf Ahli, para Asisten, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kota Bima, para Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Kapolres dan Wakapolres Bima Kota, Kapolres Kabupaten Bima, Dandim 1608 Bima, Ketua Pordasi Kota dan Kabupaten Bima.

Turut pula hadir sekaligus membuka secara resmi Turnament Pacuan Kuda Perebutan Piala Wali Kota Bima Cup Tahun 2022 Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Prof. DR. H. Anwar Usman, SH, MH didampingi oleh Istrinya Hj. Idayati H. Anwar Usman.

Prof. DR. H. Anwar Usman, SH, MH dalam arahannya menyatakan sedianya pagi tadi dirinya beserta rombongan akan meninggalkan Bima pada pesawat pagi, namun pada kesempatan baik ini alhamdulillah rombongan dari jakarta menyempatkan menyaksikan Pacuan Kuda yang sejak ia kecil hingga saat ini masih dilakukan oleh para tokoh Bima saat ini, lebih khusus oleh Wali Kota Bima H. M. Lutfi, SE. Ungkapnya.

“Pacuan kuda tradisional sangat terkenal di Bima, bahkan di Jakarta orang disana mengenal Bima dari Kuda dan Susu Kudanya,” ungkapnya.

Yang Mulia melanjutkan, Kota Solo di lapangan Manahan dulu dijadikan arena pacuan kuda dan panahan, salah satu kegemaran olah raga yang dicintai seluruh masyarakat yaitu pacuan kuda dan panahan kala itu.

Selalu ada cara yang berbeda, sejak dulu sejak dirinya kecil sering menyaksikan pacuan kuda yang di laksanakan di lapangan manggemaci, turun temurun olah raga pacuan kuda ini digemari semua kalangan. Katanya.

“Saya sebagai Putra Bima merasa bangga, tradisi pacuan kuda masih tetap dilestarikan hingga saat ini, mudah-mudahan bisa bertahan dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang,” ucapnya Bangga.

Pada kesempatan itu juga, beliau berharap bagi kuda yang beruntung dan belum beruntung meraih juara itulah yang terbaik, pada prinsip dan hakikatnya kita semua adalah pelaku penerus tradisi sejarah nenek moyang Bima pada jaman itu, teruskan dan tingkatkan. Tutupnya mengakhiri arahannya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pordasi Kota Bima Sudirman DJ, SH dalam laporan singkatnya menyampaikan, hari ini pacuan kuda pertama sejak pandemi covid 19 yang dilaksanakan oleh Kota Bima.

Nantinya akan berlanjut pada event selanjutnya sesuai kalender pordasi NTB bahwa Kota Bima mendapat jadwal bulan September, kemudian disusul Kabupaten Dompu bulan Oktober, selanjutnya pada Bulan November di Kabupaten Bima, dan selanjutnya bulan Desember akan dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa. Katanya.

Pihaknya sengaja menyelenggarakan event pacuan kuda piala Walikota Bima Cup Tahun 2022 dilaksanakan di Arena Pacuan Panda, karena dirinya menilai arena ini lebih representatif dan dijamin keamanannya.

Sudirman DJ, SH menyampaikan jumlah Kuda Pacuan yang mendaftar diluar estimasi pihaknya selaku panitia penyelenggara, biasanya pada tahun sebelumnya diikuti oleh 600 ekor kuda, pada tahun ini terjadi peningkatan dan membludaknya antusias pecinta kuda, sehingga terdaftar sebanyak 887 ekor kuda pacuan, mudah-mudahan antusias seperti ini berlaku juga di semua daerah di NTB. Tutupnya.

Pembukaan Pacuan Kuda Tradisional Piala Wali Kota Bima, berjalan dengan tertib. (MDG 002)

Load disqus comments

0 komentar