Wabup Dompu Bersama Seluruh Pimpinan OPD, Lakukan Rapat Koordinasi Persiapan HUT RI Ke-77



Dompu NTB. Media Dinamika Globa.Id. - Evaluasi dan pembinaan oleh Pimpinan Daerah terhadap bawahannya secara berkala penting dilakukan untuk mengukur capaian program yang telah dilaksanakan. Rabu, (03/08/22).

Selain itu juga sebagai ajang silaturrahim.Membahas isu-isu aktual yang berkembang dimasyarakat, agar bisa dicarikan solusinya secara bersama-sama.

Rakor dan Evaluasi ikut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Burhan SH., Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik H. Albuhairum S.Sos. M.Si, Kabag Hukum Momon SH, Kabag Tatapem Abdul Halik  SE. Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Dompu.

Wabup Dompu bersama pimpinan OPD terkait melakukan Rapat Koordinasi dengan Bupati dan, Lurah/Desa Se-Kabupaten Dompu bertempat di Aula Pendopo. 

Wakil Bupati Dompu H, Syahrul Parsan, ST. MT dalam arahannya menyampaikan tujuan utama rakor ini membahas tentang persiapan pelaksanaan menyambut kegiatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 agar meriah dan berjalan sukses dan lancar.

“Oleh karena itu pada momen ini saya meminta pada Camat, lurah serta Kepala Desa untuk bisa memasang Bendera Merah Putih, umbul-umbul dihalaman kantornya dan ikut menghimbau warganya,” pungkasnya.

Melanjutkan, selain membahas persiapan menyambut HUT Kemerdekaan RI, akhir-akhir ini banyak permasalahan yang justru ditimbul di internal Desa itu sendiri yang berakibat fokus utama pelayanan kepada masyarakat menjadi terhambat.

Hal seperti sama sekali tidak saya inginkan, jika Kepala Desa menemukan masalah yang dianggap rancu atau dianggap tidak bisa diselesaikan di internalnya silakan koordinasikan dengan kami.

Pemerintahan setingkat Kabupaten punya garis koordinasi yang jelas, mulai dari bawah Camat, Kabag, Pimpinan OPD  terkait, Asisten, Wakil Bupati sampai Bupati  bisa diminta pendapatnya terkait masalah yang dihadapi.

“Mari saling berkoordinasi bertukar ide dan saling berdiskusi bermusyawarah menemukan titik temu setiap permasalahan yang dihadapi untuk dicarikan solusinya bersama-sama jangan ambil sikap sendiri,” imbuhnya.

Kesempatan yang sama Inspektur Inspektorat Khaerudin, SH. saat memaparkan materinya dihadapan para audiens mengatakan, tugas utama inspektorat melakukan pengawasan atau audit internal yang bersifat independen dan obyektif.

Kemudian melanjutkan berangkat dari tata kelola pemerintahan khususnya Pemerintahan Desa ada 4 program utama yang kami lakukan, yakni: 

- Pertama Transparansi,

- Kedua Akuntabiltas,

- Ketiga Pemberdayaan, dan 

- Keempat Tata tertib pengelolaan keuangan.


“Berangkat dari empat hal ini dari hasil evaluasi kami pelaksanaan audit regular baik itu Camat, Lurah  dan Desa hal utama yang paling mendasar, yakni Tata Kelola Pemerintahan dan Keuangan,” ungkapnya.

Khusus untuk Pemerintahan Desa dalam tata kelola dana Desa, Kepala Desa sebagai Pemegang Kekuasaan Dana Desa, harus saling berkoordinasi dengan struktur pemerintahan yang ada di Desa, baik itu Sekretaris Desa, Kaur dan Kasi.

“Jika dalam pengelolaan dana desa untuk pembangunan baik itu fisik dan non fisik, dikelola dengan baik maka  transparansi Dana Desa akan mampu diwujudkan,” ungkapnya.

Diakhir acara dilakukan sesi foto bersama dan dilakukan penyerahan simbolis Bendera Merah Putih oleh Wakil Bupati Dompu ke Camat  dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, “Gerakan Pembagian  Sepuluh Juta Bendera Merah Putih”. (MDG 002).

Load disqus comments

0 comments