Desa Peduli Lingkungan Sebagai Jawaban Climate Change


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.--
Salurkan Bantuan Pusat, Pemprov NTB gelar Lomba Desa Peduli Lingkungan. Bertempat di Fave Hotel. (23/08/2022).


Turut dihadiri oleh DLH Se-NTB, BAPPEDA Se-NTB, BPKAD Se-NTB, BPBD Provinsi NTB, DisLutKan Provinsi NTB, dan Biro Hukum Setda Provinsi NTB secara online maupun offline.

Pertemuan ini untuk mensinkronisasi Pemerintah Pusat hingga Daerah dalam rangka menyalurkan bantuan keuangan  khusus Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Dalam pertemuan tersebut ialah Petunjuk Teknis bantuan keuangan khusus bidang pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan SK Gubernur Nomor 900-420 tahun 2022. 

Selanjutnya, penyampaian terkait panduan penilaian berbasis kinerja Kab/Kota dalam Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim. Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup sendiri memiliki 3 program berkelanjutan diantaranya Taman Asri, Perlindungan Hutan dan Rehabilitasi Lahan (NTB Hijau) dan Peningkatan Kegiatan Pengelolaan Persampahan (NTB Zero Waste) yang diharapkan penyaluran bantuan keuangan tersebut dapat dikelola dengan baik agar tercapai NTB yang Asri dan Lestari.

Pada kesempatan lainnya, pertemuan ini juga membahas persiapan Nominasi Desa Peduli Lingkungan yang dilaksanakan pada 23 Agustus 2022. Terdapat 18 nominasi desa untuk lima kategori penilaian diantaranya Kategori Peningkatan Kegiatan Perlindungan Hutan dan Rehabilitasi Lahan, Kategori Peningkatan Kegiatan Pengelolaan Persampahan, Kategori Membangun Ketangguhan Bencana, Kategori Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Kategori Pembangunan Rendah Karbon. 

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada desa-desa yang telah berkontribusi dalam pembangunan di tingkat desa dan diharapkan dapat memotivasi kepada desa-desa yang ada di NTB. (Surya Ghempar).
Load disqus comments

0 komentar