Ady Ardiansyah: Program Literasi Al-Quran di Lapangan Desa Baralau sekaligus Mewakafkan Al-Quran


Bima-NTB. Media Dinamika Global.Id. -- Program Literasi Al-Quran di Lapangan Desa Baralau sekaligus Mewakafkan Al-Quran. Ada 17 TPQ yang dapat waqaf dan santunan dan 5 Aparat Masjid, Desa Baralau, Desa Monta Sakuru , Tangga dan Desa Sie. Setiap TPQ mendapat 8 Eksamplar musyaf. 7 TPQ Desa Baralau, 4 TPQ Desa Sakuru, 3 TPQ Desa Tangga dan Desa Sie. Kegiatan berlangsung aman,tertib,dan lancar pada Ahad, 28/08/2022

Ady Ardiansyah, M.Si selaku Inisiator dalam sambutannya mengungkapkan, Rasa syukur kita panjatkan kehadirat Allah, atas segala nikmat dan karunianya kepada kita sekalian sehingga kita dapat bersilaturhami di lapangan Desa Baralau dalam satu agenda Program Literasi Al Qur’an Melalui Waqaf Al Quran. Selanjutnya tidak lupa kita bersholawat kepada Rasulullah dengan mengucapkan Allahumasali Alasayidina Muhamad Walalasyidinamuhamad. Nabi Agung teladan bagi kita sekalian rahmat bagi seluruh alam.

Barang kali ada yang bertanya apa itu literasi ?

Sekarang ini pemerintah daerah kabupaten bima sedang menggalakan program literasi pada tingkat sekolah dasar dan itu dilaksanakan di beberapa sekolah di kabupaten bima meskipun tidak semua sekolah.

Literasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulis, serta kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Agama Islam mendorong umatnya untuk membudayakan literasi, sebagaimana ayat yang pertam turun yaitu Iqro, bacalah, iqro bismirabikalazihalaqal, bacalah dengan nama tuhanmu.

Tidak berlebihan bila program ini disebut sebagai Program Literasi AL Qu’an merupakan suatu kegiatan membangun kecakapan membaca dan menulis Al – Qur’an serta pengetahuan akan AL – Qur’an. Dalam pengertian yang lain literasi dapat saja disandarkan pada pengetahuan Al Qur’an yang kita imani.

Oleh karena itu literasi Al Qur’an kami sebut sebagai kemampuan atau kegiatan belajar Al quran dengan berbagai motode yang dapat kita terapkan, salah satunya dengan Program Literasi AL Qur’an Melalui Waqaf Al Quran kita lakukan saat ini, sebagai cara kita untuk mengajarkan Al-Quran agar masyarakat mencintai al quran dengan harapan masyarakat dapat menerapkan nilai – nilia Al Quran sebagai pedoman hidup bermasyarakat.

Beberapa waktu yang lalu kita baru saja memasuki suasana tahun baru islam, tahun 1444 Hijriah dan bertepatan dengan tahun 2022 Masehi di bulan Agustus perayaan hari kemerdekaan, maka dalam hal ini tema yang kami angkat melalui program ini adalah “ MOMENTUM TAHUN BARU ISLAM 1444 HIJRIAH, MENEGUHKAN SPIRIT AL QUR’AN BAGI MASYARAKAT BIMA RAMAH YANG RELIJIUS SEBAGAI WUJUD IMPLEMNTASI MEMBUMIKAN AL – QUR’AN “

Sejalan dengan itu program ini adalah realisasi dari VISI Kab. Bima yaitu Bima RAMAH dan Moto Membumikan AL Quran. Kecamatan Monta merupakan salah satu lumbung qori yang ada di kabuapetn Bima. Kenyataan ini menjadi salah satu kekuatan untuk membangun umat ini dalam meningkatakan kecintaan kepada Al Qura’an atau Literasipada Al -qur;an.

Kegiatan ini juga bertujuan sebagai bentuk pembaninaan pemerintah kepada masyarakat khususnya guru – guru ngaji yang ada dalam upaya membangun Bima dan mbojo yang lebih baik melalui program – program keagaman yang dikembangkan baik oleh pemerintah mapun masyarakat bersama pemerintah sebagaimana yang kita selenggarakan malam ini, dan sebagai upaya membumikan Al Qur’an atau dalam bahasa lain kami sebut Membimkan Al qur’an dalam pengertian menyebarkan AL Qur’an ditanah Bima, dana mbojo. Ungkapnya

Lanjutnya, Sedianya acara ini dilaksanakan dimasjid sebagai bentuk upaya memakmurkan masjid, mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat pendidikan dan peradaban sebagaimana zaman Rasulullah. Namun karena semangat Pemerintah desa Baralau dan seluruh masyarakat desa Baralau akhirnya kegiatan ini dapat kita laksanakan dalam suasana yang begitu suka cita dilapangan desa baralau. Bima Negeri yang menjadi cita – cita kita bersama, Baldatun toyibatun warabulgafur, negeri yang kita dambakan dunia kahirat.


Dapat kami sampikan bahwa dana dari program ini adalah murni dari masyarakat dan para donatur yang dermawan, kita doakan semoga harapan dan cita – cita para darmawan dan kita semua mendapat rihdo Allah SWT. Setidaknya program ini sudah dialaksnakan di beberapa titik di kecamatan Monta, beberapa jam’ah Masjid Desa Sakuru, Desa Tolotangga, desa Monta, Desa, dan sekarang desa baralau, dan beberapa desa lain dikecamatan Monta khususnya.

Setidaknya sudah sekitar 500 Masyaf Al qur’an yang terkumpul selama kegiatan dan telah dibagikan kepada masyarakt, dan Guru – guru TPQ. Oleh karena itu, mari bapak ibu kita sisipkan sebagai harta kita untuk mebantu program ini sebagai bentuk tanggungjawab iman kita dan tanggungjawab sosial kita sebagai umat islam.

Kegaiatan ini juga merupakan kegiatan dakwa bagi kita yang tidak bisa naik di mimbar – mimbar dakwa atau membaca khutbah sebagaiman guru – guru dan dai – dai kita yang lain.
Harapan terbesar kami sebagi pemerintah kecamatan monta semoga kegiatan ini dapat diselnggarakan diseluruh desa dikecamatan monta sebagai Model pengembangan program literasi AL qur’an di kabupaten Bima.

Bahkan pemerintah dapat saja mencanangkan bahwa kecamatan Monta menjadi Kecamatan Literasi AL qur’an sebagai salah satu inovasi pelayanan di bidang agama. Dan dengan suka cita saya yakin dan percaya bahwa masyarakat kecamatan Monta akan Siap.

Akhirnya ucapan terimakasih kami kepada sumua pihak yang telah membantu terlaksnakanya program ini, khusnya pemerintah desa baralau dan seluruh masyarakat desa baralau yang telah memberikan kesemapatan terlaksanaya program ini di desa baralau. Permohonan maaf kami juga sampaikan kepada semua pihak yang mungkin dirugian oleh kegiatan ini.


Bagi kami sebagai penyelanggara dan seluruh Tim Program Literasi Al Qur’an Melalaui Waqaf Al Qur’an, bapak ibu yang terlibat baik secara langsung mapun tidak langsung dalam program ini, kami sebut sebagai Sahabat Waqaf yang Insya Allah semoga Allah mengumpulkan kita bersama kelak diyaumil akhir. Satu Al qur’an sejuta kebaikan.

Al – Qur’an sebagai pegangan dan bacaan yang menjadi teman hidup sampai pada akhirnya teman keabadian yang dapat memberi syafaat dalam hidup dan kehidupan kelak. Salam literasi al qur’an, melalui waqaf Al qur’an. Satu Al qur’an sejuta kebaikan. Pungkasnya.(***)
Load disqus comments

0 komentar