Lintasan Sirkuit Rocket Motor Circuit MXGP Samota Sumbawa Rampung Lebih Awal


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.--
Kabar gembira datang dari panitia penyelenggara MXGP of Indonesia 2022, pengerjaan lintasan Sirkuit Rocket Motor Circuit MXGP Samota Sumbawa, telah rampung sepekan lebih awal dari perencanaan. 

"Informasi dari Track Masters, bahwa perampungan lintasan (track) sirkuit sepekan lebih awal dari yang direncanakan," kata Komandan Lapangan Motocross Grand Prix (MXGP) Samota Sumbawa, Ir. Ridwan Syah, saat dihubungi dan melalui keterangan resminya, Sabtu, (11/6/2022) di Mataram.
Sehingga pembangunan dan pamasagan konstruksi pitlane dan sky box, sudah mulai dikerjakan juga. Ia memastikan juga bahwa pada tanggal 15 Juni 2022, akan rampung juga.

"Mulai hari ini sudah dimulai pamasagan konstruksi pitlane dan sky box,  Targetnya InsyaAllah 15 juni selesai," jelas Dae Iwan.

Menurut Dae Iwan Lintasan yang terdiri dari 18 tikungan dan 11 tantangan membentang sepanjang 1.8 km di sirkuit Samota, juga menawarkan kontur berbukit dan landscape yang indah seputar 360 derajat mata memandang.

Laut Flores nan tenang memagari Utara sirkuit, Pulau Moyo mengintip cantik di sisi Timur sirkuit. Jembatan Samota kokoh menyambut kehadiran para peserta dan tamu MXGP of Indonesia 2022 di ujung jalan menuju sirkuit.

Pemerintahan Kabupaten Sumbawa, akan menyambut tamu dan peserta MXGP di Samota, dengan kearifan lokal dan seni budaya khas Samawa pada, Jum'at, 24 Juni 2022.

"Perhatian para penggemar Motocross dunia akan tertuju pada Samota pada tanggal 24-26 Juni mendatang," ujarnya.

Sementara itu, dijelaskannya bahwa penjualan tiket masuk harian sudah dimulai  melalui pembelian online di tiket.com dengan harga mulai dari 100 ribu Rupiah untuk kelas Festival hingga 2.5 juta Rupiah untuk fasilitas Sky Box yang berlokasi premium.

Lebih jauh dikatakannya, bahwa tiket yang dibeli harus ditukar dengan wristband sebagai alat akses masuk ke lokasi acara. Penukaran dijadwalkan pada tanggal 22-26 Juni 2022 di GOR Mampis Rungan, Sumbawa Besar. 

Panitia menyiapkan tempat kedua untuk mengantisipasi animo penonton gelombang kedua setelah penukaran pertama, yaitu di Gedung Wanita dengan jadwal yang akan menyusul segera. 

"Panitia juga bekerjasama dengan Astindo dan Gerbang NTB Emas sebagai Ticket Box Partner dan akan menggandeng beberapa lembaga untuk turut menjadi Ticket Box Partner," tambah putra kelahiran Dompu ini.

Sehingga, diharapkan dengan adanya penjualan offline mulai akhir pekan ini, akses masyarakat untuk membeli tiket MXGP , makin terbuka lebar melalui kerjasama dengan para Ticket Box Partner yang tersebar di 3000 titik.

Jadwal acara utama MXGP of Indonesia 2022 dimulai hari Jumat 24 Juni 2022 dengan pemeriksaan Track di pagi hari oleh FIM selaku pemilik MXGP, dilanjutkan dengan rangkaian pertemuan teknis dengan IMI yang akan memimpin komite balap local.
Kemudian lanjutnya, pada sore harinya acara penyambutan resmi disiapkan oleh Pemerintah Daerah Sumbawa di dalam kota, dilanjutkan dengan pagelaran musik Rocket Motor Circuit selepas senja di area komersil sirkuit yang terletak bersebelahan dengan track MXGP.
Sedangkan pada Sabtu 25 Juni 2022 adalah hari penentuan kualifikasi para pembalap peserta MXGP of Indonesia 2022 yang terdiri dari 2 kelas, yaitu MX 2 (250cc) dan MXGP (450cc). 
"Diperkirakan ada lebih dari 10 pembalap yang akan turun di tiap kelasnya dengan tambahan beberapa pembalap wild card dari Indonesia dan negara lain yang lolos babak kualifikasi," imbuhnya.

Ia juga mengaku bahwa pada Puncak acara MXGP of Indonesia 2022 pada 26 Juni 2022 diawali dengan Upacara Pembukaan di sirkuit Samota yang akan dihadiri seluruh undangan VIP, pejabat pemerintahan daerah dan nasional, serta para peserta MXGP. 

Selanjutnya babak final berlangsung setiap kelasnya, ditutup dengan penyerahan piala kepada para juara di putaran ke 12 FIM Motocross World Championship yang dikenal dengan nama Motocross Grand Prix (MXGP).

Ia berharap dukungan antusias didapatkan dari berbagai pihak, salah satunya dari Panglima TNI yang mengirimkan KRI Banjarmasin untuk membantu mengamankan kebutuhan akomodasi di Samota dan pengelola Mandalika International Circuit yang mengirimkan Marshal untuk bertugas di MXGP lengkap dengan peralatan mereka. 

Pembangunan fasilitas pendukung acara di sekitar track sudah dimulai, berbarengan dengan kedatangan 2500 pekerja di area pertunjukan dan area balap, serta 200 ton peralatan perlengkapan acara di lokasi. Akan ada 30 bis disiapkan oleh Dishub untuk mengantar penonton ke sirkuit dari berbagai titik. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar