IMBI Mataram Gelar Pagelaran Seni Budaya Mbojo


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.--
Ikatan Mahasiswa  Bima (IMBI) Mataram menggelar Pagelaran Seni Budaya (PSB) Mbojo dengan tema "Budaya Mbojo Kasama Weki". Kegiatan diadakan di Aula Teater Taman Budaya Nusa Tenggara Barat (NTB). Minggu, (19/6/2022) Pukul 20:00 Wib.


Ketua Panitia, Fuad Al-Faisal menyampaikan " mengucapkan terima kasih banyak semua pihak yang sudah mensupport dan mendukung kegiatan ini hingga bisa dilaksanakan pada malam ini. Mari kita bergabung tangan dan kerjasama yang baik agar kegiatan berjalan lancar sampai akhirnya nanti.

"Adapun tujuh Mata lomba yang adakan, Puisi, Pidato, Kapatu, Tari, Rimpu, Drama, Accoustik dengan waktu selama 5 (Lima) hari dimulai   tanggal 19-23 Juni 2022," ucap Fuad saat sambutanya.

Tak hanya itu, Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Bima (IMBI) Mataram,  Irwansyah, mengucapkan, terimakasih kepada Efendi Kusnandar, S.Ip., MH. selaku Dewan Pembina yang sudah membantu dan mendedikasikan keilmuan maupun moral setiap kegiatan IMBI-Mataram. 

"Tak lupa juga kepada Tokoh Tua, Muda, dan semua para tamu undangan tidak bisa sebut satu Persatu," ucap Ketua IMBI pada saat sambutannya.

Ketua IMBI Memaparkan sedikit  historis sejarah G30 September 2020 pada saat periode 2020 setiap Ketua paguyuban mempertahankan payung dari 18 paguyuban.

"Kami berinisiatif merintis gerakan membangun kembali IMBI-Mataram sewalaupun banyak problem yang terjadi," kata Ketua IMBI.

Sambung Ketua IMBI, Alhamdulillah IMBI-Mataram kembali muncul kalangan intelektual (Mahasiswa), maupun dikalangan publik dalam poin pentingnya, bahwa IMBI-Mataram ini hadir "Untuk menjadi mitra kritis Pemerintah Daerah kabupaten Bima dan sebagai laboratorium keilmuan Mahasiswa Bima Mataram," jelas Irwansyah.

Sementara, Dewan Penasehat Rukun Keluarga Bima (RKB), Dr. H. Arsyad Abdul Gani, M.Pd berharap setiap perkumpulan orang Bima bisa bersatu dan mampu mengenalkan budaya-budaya Mbojo untuk mewariskan para leluhur Suku Mbojo.

"Tahun kedepan IMBI Mataram tidak sekedar Pergelaran seni Budaya tapi juga harus bisa memaknai budaya untuk membangkitkan semangat kita, menunjukkan karakter orang Bima memiliki kebimaan," ucap H. Arsyad Abdul Gani yang menjabat sebagai Ketua Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT).

H. Arsyad Abdul Gani juga berpesan, IMBI Mataram harus jadi pelopor dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang akademis bukan dengan otot. Cukup selama ini sebagai pelajaran dan pengalaman kita, menyelesaikan masalah jangan mengunakan otot tapi selesaikan secara otak, akal sehat dan  akademik sebagai orang intelektual.

"Generasi muda pemilik masa depan Bima, bukan kami lagi, karena usia kami sudah tua. Masa depan Bima  ada ditangan Pemuda dan Generasi,  perbaikanlah Bima, serta kembalikan citra Bima yang hebat dan Bima ma Ntika Ro Gagah," Pasan H. Arsyad Abdul Gani selaku Penasehat Rukun Keluarga Bima (RKB).

Ikut hadir dalam acara tersebut, Sesepuh IMBI Mataram, Dr. Arsyad Gani, M.Pd, Ketua Rukun Kelurga Bima Se Pulau Lombok, Dr. Irwan Husain, M.P, Pembina IMBI Mataram, Effendi Kusnandar, M.H, Ir. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi NTB, Ir. H. Mohammad Rum, MT, Ketua Peguyuban Kecamatan Se Kab. Bima, Kota Bima dan Kab. Dompu dan dimeriahkan oleh persembahan Tari, Kapatu dan Rimpu dari pengurus IMBI Mataram. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar