Kominfo Akan Perluas Titik Pertumbuhan Digital di Indonesia


Jakarta. Media Dinamika Global. Id.-- Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memperluas titik pertumbuhan digital di seluruh Indonesia untuk mewujudkan Kota Cerdas. Seperti dilansir oleh  TVRINews

Untuk itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melanjutkan perlu didorong kolaborasi bersama.

“Dengan adanya partisipasi aktif dan keinginan yang kuat dari pemerintah daerah, saya berharap titik-titik pertumbuhan digital bisa bermunculan di seluruh penjuru tanah air kita, Indonesia. Membawa gerak akselerasi pertumbuhan yang inklusif, berkelanjutan dan memberdayakan,” kata Johnny saat Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota Peserta Gerakan Menuju Smart City 2022, yang berlangsung secara virtual, Kamis (21/4/2022) kemarin.

Johnny menjelaskan, dalam Gerakan Menuju Smart City yang diresmikan oleh Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo sudah terkonsentrasi pada 25 Kabupaten/Kota pada tahun 2017. 

Kemudian, 50 Kabupaten/Kota di tahun 2018. Lalu 25 Kabupaten/Kota di tahun 2019, serta 48 Kabupaten/Kota pada tahun 2021 lalu.

“Perlu pula dicatat secara khusus bahwa untuk tahun 2021 terdapat tujuh Kabupaten/Kota yang mendapatkan pengulangan dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian, terdapat total 141 Kabupaten/Kota dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia yang tergabung dalam Gerakan Menuju Smart City sampai tahun 2021,” ucap Johnny.

Hingga tahun 2022, sudah ada 191 Pemerintah Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia bergabung dengan Gerakan Menuju Smart City. Penulis : Nirmala Hanifah

Load disqus comments

0 komentar