Bupati Bima Menjadi Inspektur Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat-2022


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global.id. Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat-2022” yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema “Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat-2022” tingkat Kabupaten Bima. (Jumat 22/04/22).

Upacara di gelar Lapangan di Upacara Mapolres kabupaten Bima. Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP) yang menjadi Inspektur Apel tersebut membacakan amanat Kepala Kepolisian RI Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengemukakan Apel Gelar Pasukan ini merupakan wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022

Bupati IDP yang didampingi Kapolres Kabupaten Bima AKBP. Heru Sasongko S.IK, Para Pejabat Utama Polres dan Kodim 1608/Bima tersebut memaparkan, Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri pasca Pemerintah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443/tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022.

Berbeda dengan Idul fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

“Sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H/tahun 2022”. Ujar Bupati.

Operasi “Ketupat-2022” yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022 difokuskan pada pengamanan 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara.

Beberapa penekanan penekanan Kapolri untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi “Ketupat-2022” tersebut antara lain: personel menjaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan Operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME. Melakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif dan pengamanan secara profesional dan humanis

“Personel yang bertugas juga diinstuksikan agar melakukan gelar kekuatan pada Pos-Pos Pengamanan, titik rawan kriminalitas, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan Kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat. Juga melakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H/2022”. Ungkap Bupati merilis pernyataan Kapolri.

Setelah Upacara, Bupati Bima bersama Kapolres dan pejabau utama TNI/POLRI melakukan inspeksi kesiapan personel yang akan diterjunkan pada sejumlah Pos pengamanan. (MDG 002).
Load disqus comments

0 komentar